Latest News

Thursday, March 26, 2020

Jangan Bebal, Nasihat P Ito Dhogo,SVD Dari Italy ...bagikan agar semua sadar.

Sharing
Cerita P. Ito Dhogo, SVD dari Italia:

... Kami di SVD Roma masih baik2 saja. Memang yang parah itu di Italia Utara. Italia Tengah (termasuk Roma) dan Italia Selatan memang kena juga tetapi tidak separah di Italia Utara. Kami sudah 3 minggu dalam rumah dan masih terus di dalam rumah sampe 3 April nanti. Aktivitas terhenti.

Yah, kesalahan orang Italia di awalnya adalah menganggap remeh virus ini. Memang setiap tahun pasti ada flu waktu perpindahan musim seperti sekarang2 ini tetapi virus flu itu ada vaksinnya. Orang berpikir bahwa virus Corona itu sama dengan virus flu, karena ciri2nya hampir sama. Ternyata salah.

Lalu ditambah lagi, pergerakan orang dari Utara yang tinggalkan Utara maka menyebarlah ke mana-mana. Waktu diminta tinggal dalam rumah, orang belum mau ikut juga, sampai pemerintah tegas katakan yang keluar rumah tanpa alasan untuk kerja yang diperbolehkan pemerintah atau untuk belanja kebutuhan rumah (sesuai izinan) akan ditangkap, didenda 260 Euro atau dipenjara 3 bulan, baru orang sadar...!

Kematian bertambah pula karena banyak kombinasi, tidak 100 % karena virus Corona. Kebanyakan orangtua dan yang punya riwayat sakit. Orang Eropa terutama Italia itu lebih banyak orangtua. Angka kelahiran saja kurang di bawah 1%.

Maka, di saat seperti ini mereka kesulitan. Ditambah lagi perubahan musim yang suhunya tidak tentu, yah...tidak bisa berbuat apa-apa. Tiap tahun juga banyak yang meninggal karena flu. Tapi, kali ini, mereka lebih parah lagi karena kurang waspada dari awal.

Makanya dengan ada di rumah atau jaga jarak, kita juga membantu mereka yang rentan dengan penyakit ini untuk tidak kena. Kami di SVD Roma dilarang untuk menerima tamu dan dilarang keluar. Ikut perintah Pemerintah. Hanya ekonom dan sopir yang keluar sekali seminggu untuk belanja, itu pun pulangnya langsung diberi disinfektan.

Di kamar makan kami jaga jarak dengan jam makan diperpanjang satu jam sehingga orang tidak kumpul di kamar makan. Yah, begitulah cerita kami dari Roma. Pesannya, jangan ulangi kesalahan kami di Italia. Jika Pemerintah minta tinggal di rumah, ikut saja.

Jangan ada alasan macam-macam...cukup Italia yang kena parah.
❤❤❤

No comments:

Post a Comment

Email : fellyginting95@gmail.com

Name

Email *

Message *