Latest News

Showing posts with label Pendidikan. Show all posts
Showing posts with label Pendidikan. Show all posts

Tuesday, September 28, 2021

Nasihat Canggih Dari Narasi Singkat Dan Menarik, Katanya Sih Dari Presiden Xi Jin Ping Dari Tiongkok, Ini OK ...Yang Penting Pesannya Bagussss,Khusus Untuk Anak Muda

*Nasihat Canggih Dari Narasi Singkat Dan Menarik, Katanya Sih Dari* *Presiden Xi Jin Ping Dari Tiongkok, Ini OK ...*
*Yang Penting Pesannya Bagussss.Khusus untuk Anak Muda*
"_Saya selalu ingat 3 kalimat nasehat ayah saya dan hidup dengan melakukan sesuai nasihatnya.Dan benar, saya bisa sukses.._", ujar  Presiden Xi Jin Ping dari Tiongkok,penulis narasi di bawah ini.

Ketika saya masih kecil, saya sangat egois, selalu mengambil yang terbaik untuk diri saya sendiri. 

Perlahan-lahan, semua orang meninggalkan saya dan saya tidak punya teman. Saya tidak berpikir itu salah saya tetapi saya mengkritik dan menyalahkan orang lain.

*Ayah saya memberi saya 3 kalimat untuk membantu saya dalam hidup*.

Suatu hari, ayah saya memasak 2 mangkuk mie dan meletakkan 2 mangkuk di atas meja. Satu mangkuk hadir dengan satu telur di bagian atas mie dan mangkuk lainnya tidak memiliki telur di atasnya. 

Ayah berkata, "Anakku. Silahkan kamu pilih. Mangkuk mana yang kamu inginkan ”. Telur sulit didapat saat itu! Hanya bisa makan telur selama festival atau Tahun Baru. Tentu saja saya memilih mangkuk dengan telur! 

Saat kami mulai makan. Saya mengucapkan selamat kepada diri saya sendiri atas pilihan dan keputusan bijak yang saya lakukan dan mendapatkan telur itu. Lalu saya terkejut ketika ayahku makan mie, ada dua telur di bawah mangkuknya, tersembunyi di bagian bawah mie! Saya sangat menyesal! Dan memarahi diriku sendiri karena terlalu terburu-buru dalam keputusanku. Ayah saya tersenyum dan iba kepada saya, 

”ANAKKU KAMU HARUS INGAT APA YANG DILIHAT MATAMU MUNGKIN TIDAK BENAR.”
JIKA KAMU BERNIAT MENGAMBIL KEUNTUNGAN DARI ORANG ORANG, KAMU AKAN BERAKHIR DENGAN KEKALAHAN !”

Keesokan harinya, ayah saya kembali memasak 2 mangkuk mie: satu mangkuk dengan telur di atasnya dan mangkuk lainnya tanpa telur di atasnya. Sekali lagi, dia meletakkan dua mangkuk di atas meja dan berkata kepada saya, (_lanjutkan baca narasi berikut di bwh_ ...๐Ÿ‘ช๐Ÿ‘ซ๐Ÿ‘ฎ๐Ÿ‘‡)
 ”Anakku. Silahkan kamu pilih. Mangkuk mana yang kamu inginkan? ”

Kali ini saya lebih pintar. Saya memilih mangkuk tanpa telur di atasnya. Yang mengejutkan saya, saat saya memisahkan mie di atas, tidak ada satu pun telur di dasar mangkuk! Sekali lagi ayah saya tersenyum dan berkata kepada saya, 

“ANAKKU, KAMU TIDAK HARUS SELALU BERGANTUNG PADA PENGALAMAN KARENA KADANG-KADANG, HIDUP DAPAT MENGECOHMU ATAU MENIPU KAMU. TETAPI KAMU TIDAK BOLEH TERLALU JENGKEL ATAU BERSEDIH, INI HANYA MEMPERLAKUKAN SEBAGAI PENGETAHUAN YANG KAMU DAPAT  SEBAGAI PROSES PEMBELAJARANMU. DAN KAMU TIDAK AKAN MENDAPATKAN PELAJARAN SEMACAM INI  DARI  BUKU TEKS.”

Hari ketiga, ayah saya lagi memasak 2 mangkuk mie, lagi satu mangkuk dengan telur di atas dan mangkuk lainnya tanpa telur di atasnya. Dia meletakkan 2 mangkuk di atas meja dan kembali berkata kepada saya, 

”Anakku. Silahkan kamu pilih. Mangkuk mana yang kamu inginkan?”. 

Kali ini, aku memberi tahu ayahku, "Ayah, kamu pilih dulu. Ayah adalah kepala keluarga dan berkontribusi paling banyak kepada keluarga." 

Ayah saya tidak menolak dan memilih mangkuk dengan satu telur di atasnya. Saat saya makan semangkuk mie saya, di hati saya berkata pasti tidak ada telur di dalam mangkuk. Yang mengejutkan saya! Ada dua telur di dasar mangkuk. Ayah saya tersenyum kepada saya dengan cinta di matanya, 

"ANAKKU, KAMU HARUS INGAT! KETIKA KAMU BERFIKIR UNTUK KEBAIKAN ORANG LAIN, MAKA HAL-HAL BAIK AKAN SELALU TERJADI PADA DIRIMU!"
Jangan lupa bagikan terutama pendidikan bagi kaum muda.
NaUsKa - Nasihat Usaha Dan Karya

Thursday, March 11, 2021

Prilaku Sangat Menentukan Suatau Negara Maju Atau Negara Miskin, Tidak Percaya Mari Simak Bukti Di Bawah Ini.

*Prilaku Sangat Menentukan Suatu Negara Maju Atau* 
*Negara Miskin, Tidak Percaya Mari Simak Bukti Di Bawah Ini.
Apa yg membedakan negara maju dng negara miskin

Perbedaan antara negara miskin dan kaya bukanlah dari umur sebuah bangsa.

Terbukti dari negara-negara tua seperti India dan Mesir, yang berusia lebih dari 2000 tahun dan masih merupakan negara miskin.

Di sisi lain, Kanada, Australia dan Selandia Baru yang baru berusia 150 tahun lalu hari ini adalah negara kaya.

Perbedaan antara negara miskin dan kaya tidak juga tergantung pada sumber daya alam yang tersedia.

Jepang memiliki wilayah yang terbatas, 80% pegunungan, tidak cocok untuk pertanian atau pertanian, tetapi menjadi maju dalam ekonomi dunia. Negara ini seperti pabrik terapung yang sangat besar, mengimpor bahan mentah dari seluruh dunia dan mengekspor produk manufaktur.

Contoh lain adalah Swiss, ia tidak menanam coklat tetapi menghasilkan cokelat terbaik di dunia. Di wilayahnya yang kecil dia memelihara hewan dan mengolah tanah hanya selama empat bulan dalam setahun, namun memproduksi produk susu terbaik. Sebuah negara kecil yang memiliki citra keamanan dan menjadikannya sebagai bank terkuat di dunia.

Para eksekutif atau pemimpin dari negara-negara kaya yang berinteraksi dengan rekan-rekan mereka dari negara-negara miskin tidak menunjukkan perbedaan intelektual yang signifikan.

Faktor-faktor warna kulit juga tidak begitu penting, para migran yang bermalas-malasan di negara asal mereka sangat produktif di negara-negara Eropa yang kaya.

Lalu apa bedanya?

Perbedaannya adalah *perilaku* dari manusianya, yang dibentuk selama bertahun-tahun oleh *pendidikan* dan *kebudayaan.*

Ketika kita menganalisa *perilaku* orang-orang dari negara-negara kaya dan maju, diamati bahwa mayoritas mereka mematuhi prinsip-prinsip kehidupan berikut:

*1. Etika, punya rasa malu.*
*2. Integritas/tdk gila jabatan, harta dan wanita*
*3. Tanggung jawab dan tahu membalas budi.*
*4. Taat Hukum dan Aturan.*
*5. Mencintai profesinya.*
*6. Senang membantu.dalam kebaikan*
*7. Positif thinking.*
*8. Menghargai dan tepat waktu.*
*9. Selalu produktif.*

Di negara-negara miskin, hanya sedikit yang mengikuti dan menjalankan prinsip-prinsip dasar ini dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Mereka tidak miskin karena kekurangan sumber daya alam atau karena alam yang sangat kejam.

Mereka miskin karena tidak memiliki perilaku yang positif. Mereka tidak memiliki kemauan untuk mengikuti dan mengajarkan prinsip-prinsip kerja masyarakat dengan peradaban yang maju.

*MEREKA MENJADI NEGARA MISKIN KARENA MANUSIANYA HANYA SIBUK MENGAMBIL KEUNTUNGAN DARI ORANG LAIN.*

*BELAJARLAH MEMPERBAIKI PERILAKU KITA AGAR SESUAI DENGAN PRINSIP-PRINSIP KEHIDUPAN*

Tuesday, August 18, 2020

JALANAN ADALAH SEKOLAH

Saya kepergok anak muda ini. Di sekitaran Pasar Petak Sembilan, Glodok. Saya suka statemen di kaosnya: Jalanan adalah sekolah. Saya kuntit dia. Begitu dekat, saya piltik (bahasa Batak: cekrek) kaosnya.

Itu statemen idola yang saya imani saat saya di DO dari S-2 di ITB. DO itu, resiko yang harus saya terima dengan gembira. Bagaimana mungkin saya bisa lulus, kalo saat S-2, saya adalah raja bolos. Memang waktu itu, saya bagai dipersimpangan jalan. Kuliah sambil berbisnis, karena harus membiayai sendiri S-2 nya.

Simalakama lah pokoknya ! Jika fokuskan kuliah, bisnis ritel saya di mal bakal ancur. Kalo fokuskan bisnis, kuliah bakal lebur. Saat itu kebetulan, saya belum menikah. Ambisi untuk sukses dua-duanya pun sedang tinggi-tingginya. Pintar & kaya adalah idealisme saya. Sepertinya ini obsesi. Karena sebagai perantau di Bandung, dulu saya bukan mahasiswa berada, alias anak kost misqueen.

Terpaksalah harus lepas salah satu. Ujungnya, di DO dari ITB. Sayapun fokus berbisnis. Akhirnya, dimomentum ini saya bikin resolusi baru, yaitu harus kaya sebelum menikah. Titik ! Targetnya adalah 3C+3H. (Car-Credit card-Condominium + Holiday-House-Hobby). Tercapaikah sebelum menikah ? Puji Tuhan...alhamdulillah, 3C+3H semua Tuhan genapkan via "nurturing" 15 tahun di mancanegara.

Akibat prinsip: Jalanan adalah sekolah, saya menganggap bejibun gelar akademik gak menjadi penting saat ini. Sekolah bisa di mana-mana, alias jadilah street-smart ! Terlebih lagi, iptek udah tsunami dionline. KEPINTARAN itu mudah hari ini. Yang tersulit adalah KEGIGIHAN. Itu kagak ada bimbelnya. Itu hanya ada via "nurturing" di jalanan !
( Semenit TRIBUN SABAR )
[https://nasihatcanggih.blogspot.com/2020/08/jalanan-adalah-sekolah.html]

Monday, July 27, 2020

Kasihan anak-anak tsb, mereka takut kalau tidak mengerjakan tugas, tapi untuk mengerjakan tugas itu butuh biaya yang tidak sedikit.


Tadi aku ke warnet, mau cetak sticker.
Ada anak laki2 usia 12 thn, (usia anak SMP) bawa beberapa lembar kertas buku tulis yang disobek.
Isinya tulisan-tulisan seperti draft tugas sekolah.

Dia tanya sama operator warnet, kalau ngetik draft ini dan ngeprint, berapa harganya.
Kata si operator, biayanya sekitar 24 rb.
Biaya ngetik dan biaya ngeprint.

Begitu tau biayanya 24 ribu... anak itu diam... melongo.
Di tangannya aku liat, dia hanya memegang uang 5 ribuan.

Terlihat di wajahnya... antara bingung dan ngga tau harus bagaimana.
Di satu sisi, tugas dari sekolah harus dikerjakan, di satu sisi, ngga ada uang untuk ngeprint.

Anak itu pulang, dan janji akan kembali lagi. Tapi kertas tugasnya ditinggal.
Aku  minta kertas-kertas tersebut, dan aku baca.
Ternyata tugas dari sekolahnya, membuat laporan kegiatan belajar di rumah selama pandemi berlagsung.

Aku baca hingga selesai draft tersebut.
Tata bahasanya bagus dan inti pokoknya juga tepat.
Dia sampaikan  beberapa kendala selama belajar di rumah.
Hp hanya ada 1 milik ayahnya, sementara yg harus belajar menggunakan hp ada 3 orang. (Dia dan dua adiknya).
Kebayang kan...?

Aku bilang sama si operator, tolong diketikkin dan di print, nanti saya yang bayar.
Ngga lama kemudian, si anak tadi datang, dan bilang sama si operator, meminta kembali draft yang tadi.

Si operator bilang, bahwa tugasnya sedang diketik dan akan diprint.
Anak itu bilang, tapi saya ngga ada uangnya... Dan si operator bilang, udah ada yang bayarin.

(Aku tadi sudah bilang ke operatornya, bahwa anak tsb ngga usah tau... siapa yang bayar)

Di sini, aku bukan mau riya pamer bayarin, tapi... kebayang nggak... berapa banyak anak yang mengalami hal seperti ini?

Di saat orang tuanya kesulitan menutupi biaya hidup, ditambah lagi beban pulsa paket, beban ngetik tugas, ngeprint tugas...?

Kepada guru-guru... coba dipertimbangkan lagi.
Memberi tugas memang harus, tapi disituasi seperti sekarang ini... ?
Kasihan anak-anak tsb, mereka takut kalau tidak mengerjakan tugas, tapi untuk mengerjakan tugas itu butuh biaya yang tidak sedikit.

Semoga Allah segera mengangkat wabah ini sehingga mereka bisa kembali ke bangku sekolah, tanpa membebani orang tuanya dengan beban mengajar dan  pengeluaran-pengeluaran ekstra...
.
.
Selamat Hari Anak Nasional
23 Juli 2020
(Andik Susilo Hadi)

TOLONG DI SHARE KE YANG LAIN.

Tuesday, May 12, 2020

Peluang AD Specialist

Menhan Prabowo Subianto

Membuka 4 Fakultas baru di Universitas Pertahanan, Rencananya empat fakultas baru tersebut diperuntukkan untuk jenjang Sarjana atau S1. Keempat fakultas tersebut yakni Fakultas Teknik, Kedokteran, Informatika, dan MIPA.

Prabowo menyampaikan, selain fokus pada Strategi Pertahanan, Teknologi Pertahanan, Unhan harus dapat lebih fokus mengembangkan dasar-dasar dengan membuka program S1.  Menurutnya Unhan merupakan unsur strategis dalam pembangunan pertahanan negara, terutama untuk mempersiapkan SDM di bidang Engineer, Dokter, Ahli IT, serta ahli-ahli Matematika, Kimia, dan Biologi.

"Program S1 untuk 300 mahasiswa, 150 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran, 50 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika, 50 orang mahasiswa untuk Fakultas Teknik, 50 orang mahasiswa untuk Fakultas MIPA," sebut Prabowo di Unhan, dikutip dari laman Unhan, Jakarta, Selasa, 10 Maret 2020.

Cakupan

1. Bebas biaya pendaftaran serta biaya kuliah selama pendidikan di Unhan.

2. Disediakan tempat tinggal berupa asrama, makan, pakaian dinas dan olahraga Unhan, uang saku, dan biaya lain yang berkaitan dengan pendidikan.

Syarat peserta
1. Warga Negara Indonesia (WNI), laki-laki dan perempuan.

2. Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna.

3. Berijazah SMA/sederajat jurusan IPA, lulusan Tahun 2019 atau 2020.

4. Tidak pernah tinggal kelas selama di SMA/sederajat.

5. Nilai rapor SMA/sederajat semester I-V rata-rata di atas 80 dan diprioritaskan siswa yang masuk 10 (sepuluh) besar terbaik SMA/sederajat yang bersangkutan pada semester V.

6. Nilai tes Intelligence Quotient (IQ) minimal 120.

7. Usia maksimal 20 tahun saat masuk pendidikan (bulan Juli 2020).

8. Memiliki tinggi badan minimal laki-laki 160 cm dan perempuan 155 cm serta berat badan proposional.

9. Lulus seleksi administrasi, Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek, TOEFL, tes psikologi, tes kesehatan dan wawancara yang dilaksanakan oleh Universitas Pertahanan.

10. Mampu mengoperasikan komputer (aplikasi office dan internet).

11. Bersedia ditempatkan di mana saja sebagai Kader Intelektual Bela Negara apabila sewaktu-waktu negara membutuhkan.

12. Bersedia menandatangani surat perjanjian kontrak mahasiswa dan surat pernyataan.

13. Persetujuan orang tua/wali, bersedia tinggal di asrama, dan sanggup mematuhi peraturan Universitas Pertahanan.

Info selanjutnya silahkan buka link di bawah ini....

https://www.kompas.com/edu/read/2020/05/04/145509371/universitas-pertahanan-buka-pendaftaran-s1-bebas-biaya-kuliah?page=3

Wednesday, August 21, 2019

Hari ini Suka atau Tidak, Fakta Sudah Terjadi


Hari ini Suka atau Tidak, Fakta Sudah Terjadi๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

1. 25 Tahun lalu Wartel (Warung Telekomunikasi) adalah bisnis yg menguntungkan, namun saat ini Wartel sudah tidak kita jumpai lagi, karena semua orang memiliki hand phone

2. 20 tahun lalu Telepon Umum masih terbilang alat yg sangat membantu, namun saat ini yg tersisa hanya bangkainya saja.

3. 20 tahun yang lalu, Nokia dengan symbiannya adalah raja ponsel di seluruh dunia.
Fakta hari ini Symbian tinggal kenangan, dihajar oleh Black Berry.

4. 10 thn lalu Black Berry merajai Chating di Indonesia, semua orang selalu meminta pin BB, namun sekarang sudah dilibas oleh Android dgn Whatsapp, Line dan Telegram

5. 10 tahun yang lalu Yahoo adalah raksasa dunia internet.
Fakta hari ini habis terlindas oleh Google.

6. 10 tahun yang lalu, surat kabar, majalah, dan televisi adalah media informasi paling efektif.
Fakta hari ini, mereka tergerus oleh YouTube, Facebook,Twitter, Instagram, Linkedin.

7. 10 tahun yang lalu gerai Matahari, Ramayana, Carrefour, Hypermart adalah raja dunia retail .
Fakta hari ini, gerai mereka banyak tutup, tergantikan oleh Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dll.

8. 10 tahun yang lalu kita masih pakai kertas, survey, dll jika ingin kredit, Fakta hari ini, mereka akan segera tergerus oleh akulaku dan kredivo.

9. 10 tahun yang lalu ojek adalah profesi yang bahkan tidak dipandang sebelah mata pun.
Fakta hari ini, tukang ojek adalah S1 bahkan S2, karena sudah online.

10. 10 tahun lalu order Taxi sangat menjengkelkan, sekarang sudah ada Grab, Uber dll.

11. 10 tahun lalu, dunia investasi hanyalah milik orang kaya, orang banyak duit.
Fakta hari ini, dengan uang 100 rb rupiah pun pengamen jalanan bisa beli Reksadana saham.

12. 10 tahun yang lalu Anda buka toko kelontong harus pakai modal besar.
Fakta hari ini, hanya bermodal Smartphone Anda bisa jadi grosir dengan aplikasi Kudo.

13. 10 tahun lalu anda pesan hotel dan ticket pesawat lewat travel agent.
Fakta hari ini, ribuan travel agent berguguran tergantikan oleh Traveloka, Agoda, Pegipegi dll...

14. 10 tahun lalu saya kesulitan mencari makanan halal jika ke luar negeri, namun sekarang begitu mudahnya mencari restorant Halal dan Masjid terdekat dengan applikasi Halal Trip.

15. 10 tahun lalu mencari teman lama cukup sulit terutama teman sekolah SD, SMP ataupun SMA, saat ini hp sudah penuh dengan Group WA Alumni

16. 10 tahun yang lalu, jika Anda tidak terbuka pada perubahan jaman, maka hari ini Anda adalah orang yg tergilas oleh jaman.

Mungkin suatu saat kantor2 pelayanan (Services Office) sudah tidak lagi dilayani oleh karyawan tetapi semuanya sudah memakai mesin, contoh saat ini sudah mulai terjadi di Bank seperti layanan Transfer, tarik tunai ataupun setor tunai sudah memakai mesin.
Dan tidak menutup kemungkinan suatu saat (dalam waktu yg sangat cepat) transaksi perbankan memakai Alipay ataupun WeChatpay, krn ini sdh mulai terjadi dinegara2 lain. contoh Hong Kong dan China.

Dan jika hari ini pun Anda tidak terbuka oleh informasi dan perubahan, Percayalah 10 tahun yang akan datang Anda adalah orang orang yang TERTINGGAL karena Perubahan & Inovasi, tidak akan pernah berhenti, meski Anda berkeras untuk tidak ikut berubah...

Di Dunia ini tidak ada tempat Berhenti
jangan pernah LAMBAT
nanti engkau TERGILAS
jangan pernah BERHENTI
nanti engkau MATI.

TERUSLAH BERGERAK, IKUTILAH PERUBAHAN ITU...

ANDA SIAAAAAAAP...???

Semoga kita  sukses, Aamiin..
Walaupun nanti kita sudah pensiunan tapi sampingan kita harus tetap bergerak. ๐Ÿ™

Tuesday, July 30, 2019

Sekarang lagi booming mengenai bimbel online seperti “Ruang Guru” tapi berbayar.


Assalamu’alaikum
Informasi untuk warga yang masih mempunyai kluarga yg duduk di sekolah tingkat TK, PAUD, SD, SMP, SMA.
Sekarang lagi booming mengenai bimbel online seperti “Ruang Guru” tapi berbayar.

Nah, pemerintah (Kemendikbud) juga menyediakan bimbel online dan ini GRATIS.
Materi, soal-soal dan video belajarnya juga komplit.
Guru-gurunya juga pilihan dan berprestasi.

Bisa dilihat di web :
“Rumah Belajar”
belajar.kemdikbud.go.id

Tolong share ke yang lain yaa, biar lebih bermanfaat :)

Sunday, July 14, 2019

Audrey Yu Jian Hui, arek suroboyo asli


Audrey Yu Jian Hui, arek suroboyo asli. Kecerdasan dan kepintarannya luar biasa. 

SD ditempuh 5 th, SMP ditempuh 1 th, SMA ditempuh 11 bln semuanya di Surabaya. Usia 13 thn dia mau msk Universitas di Indonesia tdk ada yg mau menerima. 

Akhirnya dia memutuskan kuliah di AS tepatnya di Virginia. S-1 dan S -2 ditempuh hanya 3 th. Dgn ijasah S-2 nya dia mau msk ke TNI, tdk bs diterima krn usianya krg dr 17 th. 

Dia punya 2 gelar sarjana, Fisika dan Bahasa. Dia aktif menulis buku tentang Indonesia dan jd best seller di seluruh Dunia. 

Bukunya yg terkenal adlh Indonesia Tanah Airku, Aku Cinta Indonesiaku. Krn gagal msk TNI dia memutuskan ambil S-3 di Paris jg ambil 2 bidang Fisika dan Bahasa. 
Lulus diusia krg dr 25 thn. 

Dia lgsg diterima kerja di Badan Antariksa Amerika (NASA) dgn gaji 200 jt/bln. 

Stlh ketemu Jokowi di KTT G-20 di Jepang kmrn, ditawari msk ke BPPT dan dgn antusias dia terima tanpa mikir brp gajinya. Dia hanya blg Indonesia Love You. Aku datang u/ mengabdi padamu ๐Ÿ‘๐Ÿฝ๐Ÿ‘๐Ÿฝ... ๐Ÿ’๐Ÿ’

Monday, November 12, 2018

BANTU SEBARKAN BUAT MENDIDIK GENERASI CENGENG...

Gambar Ilustrasi


BANTU SEBARKAN BUAT MENDIDIK GENERASI CENGENG...

Tidak semua pemukulan guru adalah kriminal !!!

ANDA PILIH MENEGAKKAN HAM (HAK ASASI MANUSIA) , ATAU AKHLAK ANAK KITA BOBROK???

HAM TAK PERNAH BERBUAT APA APA KETIKA AKHLAK ANAK RUSAK, tetapi ketika anak dicubit untuk didisiplinkan HAM berbicara LANTANG

 (Sebuah Pelajaran Berharga untuk orang tua / walil murid)

Hakim itu mengejutkan semua orang di ruang sidang. Beliau membebaskan terdakwa kemudian meninggalkan tempat duduknya lalu turun untuk mencium tangan terdakwa.

Terdakwa yang seorang guru SD itu juga terkejut dengan tindakan hakim. Namun sebelum berlarut-larut keterkejutan itu, sang hakim mengatakan, “Inilah balasan yang harus kulakukan sebagai rasa terima kasihku kepadamu, Guru.”

Rupanya, terdakwa itu adalah gurunya sewaktu SD dan hingga kini ia masih mengajar SD. Ia menjadi terdakwa setelah dilaporkan oleh salah seorang wali murid, gara-gara ia memukul salah seorang siswanya. Ia tak lagi mengenali muridnya itu, namun sang hakim tahu persis bahwa pria tua yang duduk di kursi pesakitan itu adalah gurunya.

Hakim yang dulu menjadi murid dari guru tsb mengerti benar, pukulan dr guru itu bukanlah kekerasan. Pukulan itu tidak menyebabkan sakit dan tidak melukai. Hanya sebuah pukulan ringan untuk membuat murid-murid mengerti akhlak dan menjadi lebih disiplin. Pukulan seperti itulah yang mengantarnya menjadi hakim seperti sekarang.

Dulu, saat kita “nakal” atau tidak disiplin, guru biasa menghukum kita. Bahkan mungkin pernah "memukul" kita. Saat kita mengadu kepada orangtua, mereka lalu menasehati agar kita berubah. Hampir tidak ada orangtua yang menyalahkan guru karena mereka percaya, itu adalah bagian dari proses pendidikan yang harus kita jalani. Buahnya, kita menjadi mengerti sopan santun, memahami adab, menjadi lebih disiplin. Kita tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang hormat kepada guru dan orangtua.

Lalu saat kita menjadi orangtua di zaman sekarang… tak sedikit berita orangtua melaporkan guru karena telah mencubit atau menghukum anaknya di sekolah. Hingga menjadi sebuah fenomena, seperti dirilis di Kabar Sumatera, guru-guru terkesan membiarkan siswanya. Fungsi mereka tinggal mengajar saja; menyampaikan pelajaran, selesai. Bukan mendidik...... Fungsi pendidikan sudah hilang krn tdk adanya kerjasama antara guru, orang tua dan masyarakat.

Jangan salahkan guru jika murid sekarang kurang mengerti ahlak dan hasil pendidikanya tidak seperti yg diharapkan orang tua.
Bukannya tidak mau mendidik muridnya lebih baik, mereka takut dilaporkan oleh walimurid seperti yang dialami teman-temannya.
Sudah beberapa guru di Sumatera Selatan dilaporkan wali murid hingga harus berurusan dengan polisi.
Di bantaeng guru disel....di jawa tengah guru sd mencubit siswanya dipidanakan...semuanya atas nama HAM...undang2 perlindungan Anak....tapi ketika moralitas hancur akhlak generasi bobrok pernahkan HAM dan dedengkotnya membuat aksi nyata menuntut perbaikan moral & akhlak anak bangsa ???.
Semoga tulisan ini, bagi kita para orangtua atau walimurid, bisa membangun hubungan yang lebih baik dengan guru. Kita bersinergi untuk menyiapkan sebuah generasi masa depan. Bukan hubungan atas dasar transaksi yang rentan lapor-melaporkan.

Mohon di share ke grup lain..
Kalo ada grup yg banyak gurunya spy ada gunanya..
Bukan mencari pembenaran
Tapi hanya membuka fakta..tuk Indonesia Raya Yang Berjaya dan Berdaulat....

Maaf yg punya WA silahkan share..

Email : fellyginting95@gmail.com

Name

Email *

Message *