Latest News

Friday, February 28, 2020

MENJADI SALURAN BERKAT BAGI SESAMA


⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊⌣̊

Tak perlu berkecil hati bila orang lain tidak mengetahui KEBAIKAN yang telah kita LAKUKAN,
tetapi berbesar hati lah telah melakukan KEBAIKAN,
karena kita telah bisa melakukan PERINTAH suara hati kecil kita.

KEBAIKAN bukanlah untuk DINILAI demi mendapatkan Kebanggaan & Pujian dari orang lain,
t a p i Melakukan KEBAIKAN adalah panggilan NURANI, bukan untuk PAMRIH.

Di balik setiap peristiwa seburuk apapun pasti ada yang bisa DIMAKNAI,
Tergantung bagaimana & apakah kita bisa memetiknya untuk pembelajaran HIDUP yg lebih BERARTI ?

Semoga pelajaran, ujian, & juga kebaikan yg ada hari ini bisa menjadi KEKUATAN & MOTIVASI untuk hari esok.

Bila kita mempunyai Kesempatan & Kemampuan untuk Berbuat Baik,
m a k a LAKUKANLAH...
K a r e n a banyak orang yg mempunyai Kemampuan,
t a p i tidak Memiliki Kesempatan;

Demikian juga banyak yg mempunyai Kesempatan,
t a p i Tidak Punya Kemampuan untuk melakukan KEBAIKAN.

Alangkah baiknya kita membantu orang lain jika kita MAMPU,
Kalo tidak, janganlah MENCELAKAKANNYA.
Sebab saat kita mencelakain orang lain,
sama saja kita mencelakain diri kita sendiri,

Ingatlah Hukum Tabur Tuai itu ada,
BERLAKU untuk n kepada siapapun tanpa kecuali.
Ber-hati²lah & SADAR di setiap langkah kita.

Memang Perbuatan Baik sulit untuk DIINGAT orang,
t a p i Perbuatan jahat sedikit saja akan DIKENANG selamanya.

Oleh sebab itu,
Berbuatlah Baik di setiap langkah kita.
BUKALAH kedua tangan kita untuk Merubah :

Yang belum Baik Menjadi BAIK,
Yang TIDAK Baik Menjadi BAIK,
Yang SUDAH Baik menjadi LEBIH BAIK lagi.

Selamat pagi ...........
Good morning .........

Semua Teman" / Saudara" Yang Sehat2, Semoga Hari" ini kita Dipenuhi Keberkahan Dan Keberkahaan..
Have a Wonderful Day!!!

Masalah Gas Bocor Dalam Rumah Perlu Diperhatikan Berita Ini Segera Dibagikan


Penting untuk dicatat..‼⁉

Sepasang suami istri pulang sekitar tengah malam setelah makan malam di restoran, untuk memeriksa aroma gas di dalam rumah mereka. Pria itu bergegas ke dapur untuk menemukan baunya yang bahkan lebih kuat.
🚫Pikiran bawah sadar mendorongnya untuk menyalakan lampu dan......
Dapur meledak.....sang suami meninggal seketika dan istrinya dibawa ke perawatan intensif (menderita 90% luka bakar)...πŸ˜”πŸ˜’
Perabotan rumah mereka ditemukan 100 meter dari rumah....
 Yang berarti bahwa ledakan gas lebih kuat daripada bom...πŸ’£
  Pelajaran yang bisa dipetik dari kejadian mengerikan ini adalah...
‼Ketika Anda mencium bau gas jangan nyalakan lampu....
 tetapi buka semua pintu dan jendela dengan tenang.... agar tidak terjadi percikan api.
🚫Lepas regulator di tabung gas dan jangan nyalakan lampu sampai bau gas benar2 hilang.
🚫 jangan membuka kulkas jika Anda mencium bau gas, karena juga menyebabkan ledakan....dan bahkan 🚫Kipas isap tidak boleh menyalakannya karena memiliki muatan listrik....
cukup buka pintu dan jendela.

  Anda seharusnya tidak membaca berita ini sendirian, bagikanlah sebanyak yg Anda bisa, semoga Allah melindungi kita semua.
(barang siapa menyelamatkan jiwa seorang manusia seolah2 ia menyelamatkan seluruh hidup Manusia).

Terima kasih,
Dirjen Pertahanan Sipil.

Thursday, February 27, 2020

Anak – Anak Israel membuat Bungkam Dunia Di PBB Terkait Status Jerusalem


Banyak Orang Tidak Mengetahui Sejarah Israel dan Jerusalem Secara Utuh Karena Mereka Tidak Pernah Membaca Firman TUHAN Dalam Alkitab.

Anak – anak Israel merasa terusik dengan adanya reaksi masyarakat dunia yang berlebihan terhadap pidato presiden America Serikat Donald Trump yang menegaskan kembali bahwa Jerusalem merupakan ibu kota abadi Israel. Padahal tanpa adanya pidato Trump itupun, Jerusalem pada dasarnya sudah menjadi ibu kota Israel sejak lebih dari 3.000 tahun silam.

Tetapi untuk menanggapi reaksi keliru yang di sertai dengan aksi demo bahkan hingga sidang darurat di DK PBB tersebut,
anak – anak Israel menantang seluruh dunia lewat forum PBB untuk menunjukkan bukti – bukti sebagai argumen masing – masing. Ternyata setelah mendengar tantangan tersebut, semua perwakilan dunia di PBB terdiam dan bungkam seribu bahasa. Sebab mereka tidak mampu menunjukkan bukti
apa – apa untuk memperkuat dalih penolakan tersebut.

Kemudian dengan segala kerendahan hati, anak – anak Israel tersebut membawa sebuah gulungan kitab ke atas mimbar yang membuat seluruh hadirin terpana. Mereka tidak pernah melihat benda seperti itu sebelumnya yang ternyata adalah gulungan Kitab Para Nabi Israel yang di sebut juga dengan Talmud yang di dalamnya terdapat Kitab Taurat Nabi Musa dan kitab para nabi – nabi Israel lainnya.
Kitab tersebut sama juga dengan kitab Perjanjian Lama dalam Alkitab.
Demi menghormati kesucian dan kesakralan kitab tersebut, si anak itu mengajak semua hadirin untuk berdoa terlebih dahulu yang ia pimpin sendiri dalam bahasa Ibrani, yaitu : bahasa asli Alkitab. Setelah mencuci tangan dan membersihkan hati dan pikiran, sang anak tersebut membuka gulungan kitab itu secara perlahan sambil tak henti – henti memuji kebesaran TUHAN.

Lalu ia memperdengarkan dengan amat keras ke semua hadirin, bagaimana kitab suci para nabi menyatakan dengan amat tegas bahwa Jerusalem merupakan milik Israel sejak lebih dari 3.000 tahun silam, jauh sebelum lahirnya agama Hindu, Buddha atau Islam maupun Kong Hu Chu.

Beginilah bunyi Firman TUHAN dalam kitab suci – NYA :

1). Jerusalem Merupakan Pusat Pemerintahan Israel Di bawah Kepemimpinan Raja Daud

Tertulis dalam kitab,
1 Raja – raja 2 : 11, bunyinya : “Dan Daud memerintah orang Israel selama empat puluh tahun; di Hebron ia memerintah tujuh tahun dan di Yerusalem ia memerintah tiga puluh tiga tahun.”

2). Pemerintahan Raja Daud atas Israel Di teruskan Oleh Anaknya, yaitu : Salomo, Dan Tetap Berpusat Di Jerusalem.

1 Raja – raja 11 : 42
berbunyi seperti berikut : “Lamanya Salomo memerintah di Yerusalem atas seluruh Israel ialah empat puluh tahun.”

3). Pemerintahan Raja Daud Dan Salomo, Diteruskan Oleh Cucunya, yaitu : Rehabeam.

1 Raja – raja 14 : 21 berbunyi : “Adapun Rehabeam, anak Salomo, ia memerintah di Yehuda. Rehabeam berumur empat puluh satu tahun pada waktu ia menjadi raja,
dan tujuh belas tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem,
kota yang di pilih TUHAN dari segala suku Israel untuk membuat nama – NYA tinggal di sana.

Nah, ayat ini menambah deret panjang lamanya pemerintahan Israel yang berpusat atau beribu kota di Jerusalem.
Di bawah kepemimpinan
Raja Daud 40 tahun di tambah Salomo 40 tahun di tambah Rehabeam 17 tahun, totalnya sudah ada 97 tahun.

Apakah berhenti sampai di situ saja? Tentu tidak.
Masih ada banyak ayat lain yang membuktikan Jerusalem sebagi ibukota abadi Israel sejak dahulu kala, sejak zaman purba kala.

1 Tawarikh 23 : 25 berbunyi : “Sebab Daud telah berkata : ” TUHAN, Allah Israel, telah mengaruniakan keamanan kepada umat – NYA, dan Ia diam di Yerusalem sampai selama – lamanya.”

4). Yerusalem Sebagai Pusat Pangkalan Militer Israel.

1 Tawarikh 28 : 1 berbunyi :
"Daud mengumpulkan di Yerusalem segala pembesar Israel, yakni para kepala suku, para pemimpin rombongan
orang – orang yang melayani raja, para kepala pasukan seribu dan kepala pasukan seratus, serta para kepala harta benda dan ternak kepunyaan raja dan
anak – anaknya; bersama – sama mereka juga para pegawai istana dan para perwira dan semua pahlawan yang gagah perkasa.”

5).Jerusalem Sebagai Kota Suci Dan Pusat Peribadatan Israel.

2 Tawarikh 5 : 2 berbunyi :
"Pada waktu itu Salomo menyuruh para tua – tua Israel dan semua kepala suku,
para pemimpin puak orang Israel, berkumpul di Yerusalem, untuk mengangkut tabut perjanjian TUHAN dari kota Daud, yaitu Sion.”

6.). TUHAN Sendiri Yang Menetapkan Jerusalem Sebagai Pusat Dan Kota Suci Israel

2 Tawarikh 6 : 6 berbunyi : “Tetapi kemudian AKU memilih Yerusalem sebagai tempat kediaman nama – KU dan memilih Daud untuk berkuasa atas
umat – KU Israel.”

7). Jerusalem Sebagai Pusat Penyembahan Israel Sejak Zaman Nenek Moyang Mereka

2 Tawarikh 11 : 16 berbunyi :
"Dari segenap suku Israel orang datang ke Yerusalem mengikuti orang – orang Lewi itu, yakni orang yang telah membulatkan hatinya untuk mencari TUHAN ALLAH Israel; dan mereka datang untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, ALLAH nenek moyang mereka.”

Masih sangat banyak ayat – ayat Alkitab lainnya yang menunjukkan bagaimana TUHAN sendiri yang menetapkan Jerusalem sebagai ibukota Israel sekaligus menjadi kota suci.
Bahkan juga di jelaskan bahwa Jerusalem adalah pusat militer Israel sejak zaman purba kala jauh sebelum manusia di bumi ini mengenal agama – agama seperti yang kita lihat sekarang.

Setelah mendengar pembacaan semua ayat itu, semua delegasi tiap – tiap negara di PBB saat itu menjadi tertunduk malu dan tidak mampu menyangkalnya.
Bahkan sebagian utusan yang hadir tampak menangis dengan haru karena menyadari kesalahannya selama ini bertindak keliru terhadap Israel dengan membencinya tanpa mengetahui fakta sejarah tentang hubungannya dengan Jerusalem yang sangat begitu erat sejak sekian lama dan bahkan tercatat dalam kitab suci.
Kesadaran itu pula yang dengan seketika bisa meredam semua gejolak yang sempat timbul di saat adanya pidato Trump soal Jerusalem.

Kini seluruh dunia tersadar bahwa Jerusalem memang terbukti sudah menjadi ibukota Israel sejak lebih dari 3.000 tahun silam bukan sejak adanya pidato Trump saja. Dan semuanya tertulis dengan amat jelas dalam kitab suci Alkitab.
Mereka juga menyadari, bahwa menolak fakta itu sama saja dengan menolak firman TUHAN dan kitab para nabi yang sebenarnya.

Harap disebarkn kepada seluruh umat di dunia supaya mereka tahu yang sebenarnya & menyadarinya.

KU KIRA DIA PENGEMIS


Suatu malam setelah maghrib, aku mengendarai mobil. Tiba-tiba rasa migrain nyeri menyerang kepala hingga aku menepikan mobilku.

Berhenti sejenak menunggu rasa nyeri berkurang, aku berusaha mengalihkan pikiran dengan melihat sekeliling. Tiba-tiba kaca mobilku diketuk seorang anak laki-laki kira-kira umur 12 tahun. “Pak.. Bapak mau parkir? Saya bantuin untuk parkir mobilnya ya.” katanya.

“Belum sekarang, saya mau istirahat dulu,” jawabku.

“Kalau gitu apa Bapak punya uang 2000?” tanya anak itu.
[https://nasihatcanggih.blogspot.com/2020/02/ku-kira-dia-pengemis.html]
Karena aku sedang tidak mau diganggu, aku buru-buru serahkan uang itu. Lalu aku mulai mengamati anak itu. Dia mendekati tukang gorengan lalu membeli beberapa gorengan. Kemudian gorengan itu dia berikan pada sesosok orang tua yang duduk di bawah tiang listrik. Ketika dia melewati samping mobilku, aku buka kaca dan memanggilnya.

“Eh.. dik sini, itu siapa?” tanyaku.

“Gak tau pak, saya juga baru saja ketemu” jawabnya.

“Loh, tadi kamu minta uang ke saya untuk beli gorengan, kenapa diberikan ke bapak tua itu?” tanyaku.

“Oh.. saya tadi duduk di situ, ngobrol sama bapak itu. Bapak itu katanya puasa. Tadi saya lihat buka puasanya cuma minum. Katanya uangnya habis. Hari ini saya nggak jualan koran. Tanggal merah pak. Jadi ga punya uang. Saya cuma ada uang 1000. Kalau beli gorengan cuma dapat 1 kasihan ga kenyang. Makanya saya minta bapak 2000. Biar dapat 3. Bapak mau parkir sekarang? Saya bantuin parkir ya pak. Bapak kan udah bayar. Kalau saya sebenernya bukan tukang parkir,” katanya tertawa sambil garuk-garuk pipinya.

Aku terdiam. Tadi aku pikir anak ini pengemis seperti anak-anak yang biasa mangkal di jalan. Ternyata aku salah besar.

“Terus uang kamu habis dong dik?” tanyaku.

“Iya pak. Nggak apa-apa. Besok bisa jualan koran. Inshaa Allah ada rejekinya lagi.” jawabnya.

“Kalau gitu bapak ganti ya uangnya dik … Sekalian sisanya buat jajan.” kataku sambil menyerahkan lembaran uang Rp 20.000,-.

“Nggak usah pak, Jangan.. Ibu saya sebetulnya melarang saya minta-minta. Makanya saya tawarin bapak parkirin mobil. Soalnya tadi saya kasihan bapak tua itu aja. Cuma saya bener-bener nggak punya uang,” katanya lagi.

“Eh Dik.. Bapak minta maaf ya tadi salah sangka sama kamu. Kirain kamu tukang minta-minta” kataku merasa bersalah.

“Saya yang minta maaf pak. Saya jadi minta uang duluan sama bapak. Padahal saya belum kerja.” jawabnya.

“Sama-samalah. Ini ambil uangnya. Ini kamu nggak minta, bapak yang beri.” kataku.

“Nggak pak, Makasih. Bapak mau parkir sekarang?” tanyanya lagi.

“Nggak. Bapak nggak usah dibantu parkir,” kataku.

“Beneran pak? Soalnya saya mau jemput adik saya ngaji dulu. Takut nangis kalau kelamaan telat jemputnya.” katanya.

“Udah, sana jemput aja adikmu.” kataku tersenyum.

“Makasih ya pak.” katanya setengah berlari meninggalkan saya yang termangu.

Aku menoleh ke tiang listrik, bapak tua itu sudah pergi. Aku lihat dari spion mobil, anak itu berjalan setengah berlari.

Diluar sana banyak orang tidak seberuntung kita, tapi mereka masih memikirkan sesama, masih berusaha bersedekah dan sangat yakin akan jaminan rezeki.

Terima kasih nak, kamu hari ini telah memberikan pelajaran  yang luar biasa untukku. Semoga hidupmu berlimpah berkah dan rezeki.

Aku starter mobil dan melaju pelan-pelan menuju rumah. Aku sediiih dan tanpa sadar meneteskan air mata, kerena belum bisa berbuat banyak untuk sesama.

~ Berbagi Tak Harus Menunggu Kaya..
~ Pelajaran berharga tak selalu dari orang yg berilmu.
(pengalaman seorang teman di WAG )
[https://nasihatcanggih.blogspot.com/2020/02/ku-kira-dia-pengemis.html]

Jangan Memanjakan Anak Sampai Kapanpun, Memanjakan Anak Menciptakan Malapetaka


Cara menghancurkan anak paling mudah adalah dengan memanjakannya | memudahkannya dalam semua hal, menyediakan baginya semuanya

mungkin orangtua berpikir "dulu aku boleh susah, anakku jangan sampai sama" | jarang orangtua memahami, proses itu yang utama, bukan hasil

padahal susah itu yang membentuk seseorang, yang membuatnya tahan | sementara kemudahan yang datang sebelum waktunya itu merusak

apalagi kemudahan yang datang tanpa proses yang benar | akan jadi alasan, untuk tidak berjuang, untuk tidak berpayah dalam sesuatu

dan anak-anak kita berubah, jadi manusia yang tak kenal nikmat sejati | yaitu bahagia yang didapat setelah bersusah payah, melebihi batas

dan orangtua sering lupa, bahwa kesulitanlah yang membentuk mereka | bukan dimanja senantiasa, bukan dituruti segala maunya

ajarkan anak-anak kita untuk terbiasa dengan kehidupan | bimbing mereka menjalani prosesnya bukan hasilnya

bahwa tak semua yang mereka inginkan bisa mereka dapatkan | bahwa tak semua kondisi ideal, mereka harus terbiasa dengan itu

agar mereka mampu berkarya dalam keterbatasan | bersabar saat penantian dan bersyukur saat memiliki

yang terpenting, agar mereka memahami dunia ini bukan tujuan | tapi merekalah yang harus kendalikan dunia agar jadi bekal akhirat
[https://nasihatcanggih.blogspot.com/2020/02/jangan-manjakan-anak-sampai-kapan-pun.html]

Wednesday, February 19, 2020

FULL!! Cerita Mengejutkan Ahok Dibalik Penjara, Bikin Geleng-geleng!


FULL!! Cerita Mengejutkan Ahok Dibalik Penjara, Bikin Geleng-geleng!

Tuesday, February 18, 2020

Jika dia harus putus sekolah, maka kalian yang akan saya tuntut pertama kali di hari pengadilan kelak


Sore itu, sabtu 21 september 2019 di halaman Mapolres Padang panjang sedang di laksanakan upacara pisah kenal dari AKBP Cepi Noval SIK, kepada AKBP Sugeng Hariyadi. S.I.K., M.H.
[https://nasihatcanggih.blogspot.com/2020/02/jika-dia-harus-putus-sekolah-maka.html]
Di tengah hikmad nya suasana upacara tiba tiba seorang gadis kecil penjual kue 'onde-onde' menyeruak masuk menembus barisan polisi.

Entah apa yang membuat anak kecil ini berani masuk dalam kerumunan banyak pejabat tinggi, dia langsung nyelonong menuju Pak Cepi Noval.

Suasana sedikit gaduh, namun para pengawal dan petugas membiarkan gadis kecil yang sedang membawa kue di atas kepalanya itu terus menuju arah Pak Cepi, rupanya mereka sudah kenal siapa gadis kecil itu.

Ketika keduanya sudah saling berdekatan, suasana hening namun juga tegang, semua menunggu apa yang akan terjadi, termasuk para wartawan dan jurnalis yang siap mengabadikan  momen itu.

Tiba tiba ada air mata yang meleleh dari kedua mata gadis itu, dia menangis sedih. Entah darimana ia mendapat khabar bahwa Pak Cepi Noval akan meninggalkan Padang Panjang. Rupanya Kapolres karismatik itu adalah salah seorang pembeli kue onde ondeh-nya yang jika setiap bertemu akan selalu memborong habis dagangannya.

Kemudian Kapolres bersahaja itu memegang pipi sang gadis kecil seraya berkata, "Bapak pamit..., rajin belajar..., dan banyak sabar ya nak... Jangan takut ada Kapolres baru nanti beliau yang akan membeli kue mu". Pak Cepi yang gagah tak bisa menahan air matanya pula😭😭😭

Sesaat kemudian Pak Cepi berdiri dari kursi, dia meminta micropon, sedikit menyalahi protokoler memang, kemudian melanjutkan kata katanya kepada semua orang yang hadir di situ.

"kalian lihat anak ini,dia hanya ingin bisa terus sekolah, jualan kue berangkat pagi buta, setelah itu dia sekolah dan siang hari kembali ia merajut mimpi dengan berjualan lagi" Suara Pak Cepi mulai serak, tersendat namun tetap menggelar. Semua terdiam dan tak sedikit yang matanya juga sebab terutama Ibu Ibu Bhayangkari.

"Setelah saya pergi saya harap kalian meneruskan tugas saya membeli dagangannya, kelak suatu saat saya akan kembali kesini untuk mengecek keadaannya, jika dia harus putus sekolah, maka kalian yang akan saya tuntut pertama kali di hari pengadilan kelak"! Lanjut Pak Cepi dengan perasaan yang sangat 'emosional'.

Kemudian Ia tak sanggup lagi meneruskan kata katanya, hingga tanggannya untuk kedua kali mengusap air mata di pipi si gadis kecil yang mengalir deras.

"kamu tidak akan kehilangan Bapak, mereka semua akan menjadi bapak bapak kamu, yang akan selalu menanti dagangan mu anakku".

Semua yang tadi berbaris rapi kini berhambur mengelilingi Pak Cepi, mereka berebut mengabadikan hal yang tak pernah mereka kira.

Selamat jalan Pak... Selamat bertugas di tempat baru, semoga masih ada Pak Cepi Pak Cepi lain, yang peduli dengan keadaan masyarakat, tidak hanya mengejar pangkat, tapi juga mengajarkan keteladanan.
[https://nasihatcanggih.blogspot.com/2020/02/jika-dia-harus-putus-sekolah-maka.html]
Via : tribunnews

Thursday, February 13, 2020

Jepang Memilih Tidak Menari di Atas Penderitaan Orang Lain


By Rhenald Kasali.
[https://nasihatcanggih.blogspot.com/2020/02/jepang-memilih-tidak-menari-di-atas.html]
Beberapa hari ini kita saksikan antrian orang membeli masker, bahkan harganya dilipatgandakan oleh penjual. Kita juga saksikan betapa “tak berempatinya” warga di pulau Natuna saat menyambut anak2 muda Indonesia yang berhasil dievakuasi dan akan dikarantina. Belum lagi tak berempatinya netizen yang menyebarkan hoax berupa text atau video, menghadang turis China dan seterusnya.

Ah ini bukan hanya soal virus Corrona, melainkan apa saja yang melanda musibah. Termasuk fitnah yang disebarkan orang2 jahat dan diframing orang yang sok pintar. Walaupun tak ada gunanya.

Mari kita belajar dari sikap bangsa Jepang yang, walau hubungannya dengan China pernah kurang harmonis akibat luka sejarah penjajahan.

Sebelum Jepang mengevakuasi warganya, mereka sudah lebih dulu mengirim 1 pswt penuh peralatan medis & masker yg sangat dibutuhkan warga  kota Wu Han..

Sumbangan 1 juta masker dari masyarakat Jepang juga sdh lbh dulu tiba di kota Wu Han...

Bnyk org tdk mengetahui bahwa diantara 264 warga Jepang yg di evakuasi terdapat 4 org yg sdh positif terjangkit Virus Corona.  Oleh Tiongkok disarankan agar mereka dirawat dulu di rumahsakit di China.   Namun Pemerintah Jepang tetap mengevakuasi atas pertimbangan ingin berbagi beban kesulitan dan tdk mau merepotkan Pemerintah China...

Selain itu Pemerintah Jepang mengumumkan bahwa bangsa apapun yg berada di Jepang dan terdampak Virus Corona tanpa pandang kewarga negaraan semua diobati & biaya ditanggung Pemerintah..

Bagi warga Tiongkok yg berada di wilayah Jepang dan berakhir masa visa nya, bila msh ingin menetap di Jepang diberi perpanjangan visa gratis selama 2 bln.. tidak diusir seperti yang dilakukan warga Sumbar dan Bukit Tinggi belum lama ini.

Di medsos Jepang membahana seruan agar warganya ramai2 menyumbang apapun utk membantu China melewati musibah kemanusiaan ini..  harap diingat mereka adalah bangsa yang bermusuhan persis seperti bangsa kita dengan Malaysia, Arab vs Israel, atau bangsa India dengan Pakistan.

Banyak berita di Jepang yang menyerukan ttg sumbangan tanpa pamrih Pemerintah & warga China saat Jepang mengalami musibah wabah & gempa dahsyat bbrp waktu lalu...

Pada saat China mengalami musibah., di luar dugaan masyarakat Jepang telah memperlihatkan sifat kemanusiaan nya melalui spanduk2/simbol2 "Support Wu Han" "Support China"

Di super market., pusat2 perbelanjaan Jepang, hrg masker bkn naik malah dijual secara discount dgn menempelkan plakat "Tdk menari di atas penderitaan org lain." "Tdk mencari keuntungan atas musibah kemanusian".. bahkan di berbagai tempat disediakan masker bagi warga Tiongkok utk bebas mendapatkan 2 bh masker secara gratis dgn menempelkan spanduk2 Berbasa China "bernafas sama., bernasib sama., dunia milik kita bersama.."
Sungguh mengharukan..!!
[https://nasihatcanggih.blogspot.com]
Jerman pada kesempatan pertama mengirim team ahli medis membantu China..
Finlandia mengumunkan tdk melakukan pembatasan & pemeriksaan khusus thdp tourist dari Tiongkok., mrk yg dtg apabila terdampak Virus Corona akan diobati oleh team medis Pemerintah Finlandia..

Pemerintah Thailand menyatakan bebas visa 15 hari tetap berlaku bagi warga Tiongkok.,  apabila mrk msh ingin menetap., imigrasi akan memberi perpanjangan visa selama 2 bulan..

Hikmah dari musibah kemanusiaan ini mengingatkan kita2 semua., bahwa di dunia ini msh tdk kurang kehangatan & ketulusan sesama ummat manusia.
Begitu pula memberi pemahaman pada kita bahwa dikala sedang kesusahan., disitu dpt meneropong wajah asli dari kepalsuan yg dipertontonkan selama ini.... πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»
[https://nasihatcanggih.blogspot.com]

Wednesday, February 12, 2020

....Tidak ada sukses tanpa perjuangan...!!!


Dulu ... Di Jepang, ada anak laki2, tidak Pintar, sakit2an ...Tidak Ganteng juga.

Di kelas, duduknya paliiiiiing belakang karena takut disuruh maju ke depan oleh Guru .....

Tiap hari nemani Ayahnya di bengkel reparasi mesin pertanian di desa Kamyo distrik
Shizuko ...

Di usia 8 tahun dia mampu mengayuh sepeda sejauh 14 km hanya untuk melihat Pesawat Terbang ......

Usia 15 tahun putus sekolah dan bekerja di bengkel mesin di Hary Shokai Company ...

Usia 21 tahun diserahi buka cabang ....

Karena rajin, bengkelnya maju pesat.

Tapi dia tak puas dan memutuskan jadi wirausaha dg membuka bengkel sendiri ....

Dan memproduksi Ring Piston .... Sayang ... TOYOTA menolak karyanya karena dianggap jauh dari Standar .... Dia di bully dan diejek teman2nya .....

Dia sedih dan jatuh sakit ....

Setelah sembuh, dia putuskan kuliah untuk cari ilmu ... Namun dia Drop out tdk bs meneruskan kuliah .... Dia berusaha dan mencoba dan selalu gagal berkali-kali .....

Tahun 1947, Jepang porak poranda .... Hidupnya makin parah ... Semua dijual untuk kebutuhan sehari hari termasuk mobil kesayangannya dia jual ....

Dari kondisi inilah Titik balik kehidupannya berubah ....!!!

Dia punya sepeda kayuh satu2nya ... Dia pasang motor kecil di sepedanya .... Dan tanpa disangka ... " Sepeda yg ada Motor kecil nya itulah yg merubah hidupnya " .....

Banyak yg mau membeli, akhirnya dia memproduksi banyak hasil karyanya itu ....

Usahanya berkembang pesat hingga merambah produksi Mobil .....
Dan menggurita di seluruh dunia ...

Termasuk Indonesia ......
Dia menjadi Founding Father yg melegenda ....

Dia ... SOICHIRO HONDA ....

(Pemilik Perusahaan Honda dari Jepang)
Apa yg dia ucapkan ????

....Tidak ada sukses tanpa perjuangan...!!!

Orang Hanya melihat Saat ini di saat aku berdiri dengan deretan Mobil dengan segala Kesuksesanku ....

Ketahuilah ... Itu cuma 1% keberhasilanku .... 99% adalah kegagalanku ....jarang org yg mau melihatnya.

Orang lebih silau dg hasil kesuksesan...

Tanpa mau melihat bgmn kesuksesan itu dibentuk melalui sebuah proses yg berat, susah payah, jatuh bangun, dicaci, diejek, dibully, dikhianati, diremehkan....!!!

Sukses butuh semangat pantang menyerah, perjuangan dan doa, bahkan darah dan air mata.....!!!

Semoga bermanfaat... πŸ™πŸΏ

30 Resep Sehat di Waktu Tdk Muda lagi


___  πŸ‘‡ ____

1 Tidur  yg nyenyak
2 Gerakan pelan, tak usah tergesa²
3 Makanan porsi dikurangi
4 Makanan bervariasi
5 Makanan yg hangat.. Hindari minum ES.. ini penting dan stop skr juga
6 Minum air putih yg banyak sangat disarankan Viva Celebrity air tanpa mineral.
7 Garam dikurangi
8 Makan malam lebih awal
9 Rajin olahraga
1O Lapangkan hati dan tidak mudah tersinggung/marah
11  Dandan ( merawat diri )
12 Banyak senyum
13 Lebih tahu diri
14 Melupakan usia
15 Banyak bergaul
       (  Bersilahturahmi)
16 Lebih romantis
17 Banyak hobi
18 Jangan terlalu banyak mengejar nama & keuntungan
19 Sering wisata πŸ€—πŸ€—
2O Jangan ikut campur masalah orang,jika tdk diperlukan.
21 Legowo (sekiranya ada masalah)
22 Menikmati hidup
23 Sering bersyukur
24 Suka bercanda
25 Kalau jadi sasaran canda tidak marah atau membalas, selalu happy bersama
26 Mudah memaafkan / mengampuni. Dan tidak segan minta maaf bila bersalah
27 Jangan iri hati.
28 Disini senang di
       sana senang
29 Beraktivitas apapun dgn
       rasa senang.
3O Rajin beribadah.

Semoga teman2 bisa menikmati hari tuanya dengan happy dan selalu bahagia πŸ™πŸ™πŸ™

Thursday, February 6, 2020

Sekilas Informsi Penyebab Gangguan Jantung dan Pembuluh Darah, Luangkan Waktu Anda Membaca Barang 5 menit Penting Sekali dan dishare ke teman semua.

gbr ilustrasi
*Sekilas Informsi Penyebab Gangguan  Jantung dan Pembuluh Darah,* *Luangkan Waktu Anda Membaca Barang 5 menit*
*Penting Sekali dan dishare ke teman semua.*
*Kardiovaskuler*
[ *Sistem kardiovaskuler = memiliki fungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh. *Saat ada gangguan maupun penyumbatan di kedua bagian tersebut, sirkulasi darah di tubuh dapat terganggu dan bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kardiovaskuler* ]

*Hingga 63% kematian* yang terjadi di dunia disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler. Di Asia Tenggara sendiri, angka kematian sekitar 3,6 juta disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler, dimana angka tersebut adalah seperempat dari angka total kematian setiap tahunnya. 1

*Di Indonesia sendiri*, penyakit kardiovaskuler, stroke dan penyakit jantung koroner adalah penyebab utama kematian yang menyebabkan *lebih dari 470.000 kematian setiap tahunnya*.2

*Pada tahun 2014*, angka kematian di Indonesia sebesar 1.551.000 jiwa, di mana 37% dari angka kematian tersebut disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler. 3

*PJK adalah nama kelompok penyakit yang mengenai jantung* dan pembuluh darah. Contoh dari PJK adalah penyakit jantung koroner (PJK), stroke, trombosis dan peripheral artery disease (PAD). PJK dan stroke dapat disebabkan oleh penyumbatan dalam pembuluh darah.14

*Selain itu PJK mempengaruhi struktur dan fungsi dari jantung, seperti* :4

    *Penyempitan arteri jantung. Serangan jantung. Detak jantung yang tidak normal, atau aritmia. Gagal jantung. Penyakit katup jantung. Penyakit otot jantung (kardiomiopati). Penyakit vaskular (penyakit pembuluh darah).*

Apa saja *gejala penyakit kardiovaskuler?* 1

*Gejala yang paling umum dirasakan adalah*:

  • Nyeri pada dada atau ketidaknyamanan yang bisa berlangsung selama beberapa menit.
  • Sesak napas atau kesulitan bernapas.
  • Kelelahan dan kelemahan.
  • Berdebar.
  • Pembengkakan pada pergelangan kaki, perut.

*Faktor Risiko PJK* 5,6

  • Alkohol
    Mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat meningkatkan risiko PJK.
  • Berat Badan
    Kelebihan berat badan dan/atau obesitas meningkatkan risiko PJK.
  • Tekanan Darah
    Tekanan darah tinggi secara langsung dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya PJK.
  • Diabetes dan Prediabetes
    Diabetes secara substansial dapat meningkatkan risiko PJK. Laki-laki dengan diabetes melitus tipe 2 memiliki risiko terkena PJK 2-4 kali lebih besar, dan risiko ini lebih tinggi lagi pada perempuan dengan penderita diabetes melitus tipe 2.
  • Makanan
    Salah satu alasan mengapa angka kejadian PJK di Indonesia meningkat adalah pola makan yang kurang sehat, yaitu mengonsumsi lemak jenuh, kurangnya asupan sayur, dan buah-buahan. Selain itu, konsumsi garam juga sebaiknya dibatasi.
  • Olahraga
    Berdasarkan laporan WHO pada tahun 2002, PJK yang terjadi di negara maju disebabkan oleh kurangnya kegiatan fisik (olahraga).
  • Kolesterol Tinggi
    Risiko PJK secara langsung berhubungan dengan tingkat kolesterol.
  • Merokok
    Merokok menyebabkan kematian yang berhubungan dengan PJK. Perokok pasif juga rentan terhadap bahaya kesehatan kardiovaskuler. Perokok pasif secara terus-menerus meningkatkan risiko PJK dengan kira-kira 25%.
*Mengobati Penyakit Jantung Koroner*7
[ _*teruskan baca artikel selengkapnya,penting sekali....*_πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘³πŸ‘΄πŸ‘΅πŸ‘ͺ] 

Pengobatan dan perawatan yang dapat dilakukan untuk penyakit kardiovaskuler menggabungkan beberapa metode, seperti pemeriksaan fisik, cek darah untuk mengetahui kadar lemak, kolesterol dan trigliserida dalam darah, elektrokardiogram (ECG atau EKG), X-ray dada, uji tingkat stress dan imaging tests dan angiocardiography.

Sedangkan untuk pencegahannya dapat dilakukan dengan mengubah pola hidup, termasuk mengurangi konsumsi makanan berlemak dan tinggi garam, berolahraga secara rutin, berhenti merokok, dan mengurangi konsumsi minuman beralkohol.
Selain itu, obat-obatan resep tertentu juga dapat mengurangi timbulnya PJK dan dapat mencegah PJK.

*Trombosis Vena Dalam*

Trombosis Vena Dalam (TVD) terjadi akibat pembekuan darah pada satu atau lebih pembuluh darah. Selain dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki, TVD juga sering terjadi tanpa adanya gejala atau tanda-tanda. TVD juga kerap terjadi pada seseorang yang mengalami kondisi medis yang memengaruhi pembekuan pada darah seperti pasien bed rest total yang tidak dapat bergerak dari tempat tidur (termasuk pasien pasca operasi yang tidak banyak bergerak selama suatu waktu). 9

Gumpalan darah yang terbentuk pada pembuluh darah vena disebut venous thrombosis. TVD biasanya terjadi pada pembuluh darah tungkai di mana vena lebih besar yang berjalan melalui otot-otot betis dan tungkai. TVD dapat menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan pada kaki dan jika tidak ditangani dapat menjadi sangat serius, karena gumpalan darah melepaskan diri dan mengalir ke paru dan menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah di paru (pulmonary embolism). Kondisi ini dapat berisiko gangguan pernapasan dan berisiko fatal. 8

TVD dan pulmonary embolism juga diketahui sebagai venous thromboembolism (VTE).12

Penyebab Trombosis Vena Dalam10

Pada dasarnya darah mengalir di dalam tubuh. Namun jika darah tidak mengalir maka hal tersebut memperlihatkan bahwa terjadi pembekuan atau penggumpalan darah. Terbentuknya pembekuan atau penggumpalan darah dapat disebabkan oleh beberapa kondisi di bawah ini:

  • Imobilitas, misalnya duduk dalam perjalanan yang panjang, rawat inap, operasi, trauma pada tungkai bawah dengan atau tanpa operasi, kehamilan dan post partum, obesitas.
  • Koagulasi darah lebih cepat dari yang seharusnya (hypercoaguability).

Gejala dan Tanda Trombosis Vena Dalam11

Beberapa gejala dan tanda dari TVD:

  • Pembengkakan.
  • Nyeri.
  • Peningkatan suhu, kram, atau nyeri di area yang bengkak atau nyeri, biasanya betis atau tungkai.
  • Kulit kemerahan atau pucat.

TVD yang tidak ditangani dapat menjadi emboli paru, di mana gejalanya adalah :

  • Sesak napas.
  • Sakit saat mengambil napas yang dalam.
  • Napas cepat.
  • Peningkatan denyut jantung.

Gejala dan tanda lain pada pulmonary embolism adalah batuk, dengan atau tanpa darah; perasaan cemas atau takut; pusing atau pingsan; dan berkeringat.

Faktor Risiko Trombosis Vena Dalam12

Beberapa faktor risiko yang menyebabkan TVD yaitu:

  • Imobilitas, termasuk rawat inap dalam jangka waktu panjang karena sakit atau kecelakaan, perjalanan panjang (mobil atau pesawat).
  • Kehamilan.
  • Konsumsi pil kontrasepsi atau terapi hormon.
  • Merokok.
  • Kanker.
  • Operasi yang menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah pada kaki atau tangan.
  • Menurun secara genetik dalam hal pembekuan darah.
  • Obesitas.

Pencegahan Trombosis Vena Dalam13

Jika seseorang memiliki risiko mengalami TVD beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah pembekuan darah yaitu:

  • Berhenti merokok.
  • Konsumsi makanan sehat.
  • Rutin berolahraga.
  • Menjaga berat badan.
  • Mobilisasi dini.
  • Mendapat obat antikoagulan/profilaksis lainnya.

Temui dokter sebelum melakukan perjalanan panjang jika seseorang pernah mengalami TVD. Selain itu, cara mencegah TVD saat melakukan perjalanan jauh adalah mengonsumsi banyak air, melakukan latihan kaki sederhana, beristirahat, dan berjalan singkat.

Pengobatan Trombosis Vena Dalam10

Pengobatan TVD biasanya dengan mengonsumsi obat antikoagulan yang dapat menurunkan kemungkinan darah menggumpal dan menghentikan gumpalan darah menjadi besar.

  • Konsumsi obat
    • Antikoagulasi atau pengencer darah dapat menghentikan gumpalan darah membesar atau mencegah terjadinya penggumpalan baru lainnya. Beberapa efek samping dari obat ini termasuk pendarahan dapat terjadi jika mengonsumsi obat pengecer darah, seperti aspirin.
    • Thrombin inhibitor dapat menghentikan proses pembekuan dan dapat digunakan bagi orang yang tidak dapat mengonsumsi heparin.
    • Thrombolytics dapat digunakan untuk mengencerkan gumpalan darah yang besar yang dapat menyebabkan beberapa gejala dan komplikasi yang serius. Karena thrombolytics dapat menyebabkan pendarahan, maka penggunakannya hanya pada kondisi yang sangat serius atau jika sudah mengancam jiwa, termasuk emboli paru.
  • Kateter untuk menghilangkan thrombus
    Dalam beberapa kondisi darurat, dokter akan melakukan kateter untuk menghilangkan thrombus. Prosedur ini menggunakan tube yang fleksibel untuk menjangkau gumpalan darah pada paru. Dokter akan memasukkan alat ke dalam tabung untuk memecah gumpalan atau mengalirkan obat melalui tabung.
  • Vena cava filter
    Seseorang yang tidak dapat mengonsumsi obat pengencer darah akan memerlukan vena cava filter yang akan menangkap gumpalan darah sebelum gumpalan tersebut mengalir ke paru, hal ini dilakukan untuk mecegah pulmonary embolism. Namun, filter tidak menghentikan penggumpalan darah baru. Biasanya saringan tidak dianjurkan jika orang tersebut mengonsumsi pengencer darah.

Referensi:

1 http://www.searo.who.int/entity/noncommunicable_diseases/Factsheet_PJK.pdf?ua=1. Diakses pada 28 Mei 2018.
2 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5037248/
3 http://www.who.int/nmh/countries/idn_en.pdf
4 https://www.webmd.com/heart-disease/guide/diseases-cardiovascular#1. Diakses pada 28 Mei 2018.
5 https://www.nhlbi.nih.gov/health/educational/hearttruth/lower-risk/risk-factors.htm. Diakses pada 28 Mei 2018.
6 https://heartuk.org.uk/files/uploads/documents/huk_fs_mfsI_riskfactorsforchd_v2.pdf. Diakses pada 28 Mei 2018.
7 https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/diagnosis-treatment/drc-20353124. Diakses pada 28 Mei 2018.
8 https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/deep-vein-thrombosis/symptoms-causes/syc-20352557. Diakses pada tanggal 4 Juni 2018.
9 https://www.medicinenet.com/deep_vein_thrombosis/article.htm#what_causes_dvt. Diakses pada tanggal 4 Juni 2018.
10 https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/venous-thromboembolism. diakses pada tanggal 4 Juni 2018.
11 https://www.medicinenet.com/deep_vein_thrombosis/article.htm#what_tests_diagnose_the_condition. Diakses pada tanggal 4 Juni 2018.
12 https://www.nhs.uk/conditions/deep-vein-thrombosis-dvt/. Diakses pada tanggal 4 Juni 2018.

Source:sanofi.co.id/id/kesehatan-anda/obat-resep/gangguan-jantung-dan-pembuluh-darah 
NAUSKA 

Wednesday, February 5, 2020

Unpar Gelar ECF UNPAR Future Studies

Fakultas Filsafat UNPAR kembali akan menyelenggarakan Extension Course Filsafat (ECF) dengan mengusung tema Future Studies yang akan diadakan setiap Jumat, 28 Februari hingga 15 Mei 2020 Pukul 18.30 – 20.30 WIB di Kampus Fakultas Filsafat UNPAR, Lantai 1 Jl. Nias 2, Bandung.

Panitia acara, Dr. Y. Slamet Purwadi, S.Ag., MA mengungkapkan bahwa Lewat topik ECF kali ini, panitia mengajak masyarakat untuk tidak terjebak dengan isu dan wacana kekinian saja.

“Orang-orang umumnya cenderung berkutat dengan wacana kekinian, tentang isu politik, sosial maupun topik-topik menarik yang tengah update. Sehingga hidup adalah hidup dalam kesekarangan atau nowness, life is today Itulah kondisi yang cukup menonjol hari-hari ini, Topik Future Studies mencoba untuk menarik kesadaran kita semua tentang bagaimana hubungan kemanusiaan kita dan masa depan yang terbuka, bagaimana kemanusiaan dipertaruhkan dalam ranah kemungkinan-kemungkinan, Maka gagasan masa depan bukan hanya soal besok atau sepuluh tahun lagi, bukan perkara waktu saja, tetapi terlebih ia adalah pendorong peradaban ini,” paparnya.

Secara akademis, Future Studies atau kajian masa depan adalah kajian sistematik tentang alternatif masa depan yang mungkin. Kajian ini melibatkan bidang indisipliner, termasuk pandangan dunia dan mitos tentang masa depan. Misalnya, idealisme Platonik, bahwa pemikiran tentang masa depan sebetulnya berakar pada dunia ide yang tanpa batas. filsafat proses, bagaimana mendudukkan peristiwa dan kehidupan dalam proses evolutif. kajian tentang masa depan digital dan dampaknya bagi kemanusiaan dan peradaban, Artificial Intelligence (AI) dan masa depan pendidikan serta beberapa trend-trend besar yang akan mewarnai peradaban manusia ke depan dan lainnya.

“Hal yang pasti adalah masa depan merupakan pendorong peradaban, merangsang pikiran brilian untuk tampil, menembus penghalang dan keterbatasan kodrati manusia. Dengan topik Future Studies, urgensinya terletak pada upaya mendekati masa depan bukan terutama untuk mencari kepastian, dan rasa aman menghadapi masa depan itu, melainkan lebih memperluas horison makna kemanusiaan kita dalam jagad ruang dan waktu yang terus bergulir. Ringkasnya, bagaimana masa depan mendefinisikan kemanusiaan kita,” tandasnya.

Slamet juga menambahkan bahwa karena kajian ini melingkupi filsafat, maka area pemikirannya bersifat reflektif. Karena itu, diharapkan para peserta mampu memahami sebuah horizon kemanusiaan dimana kemanusiaan ditempatkan dalam konteks pelbagai perspektif masa depan lewat pendekatan interdisipliner.

“Diharapkan peserta ECF mempunyai wacana dan cara pandang baru mengenai masa depan dari sudut pandang interdisipliner tersebut dan apapun kemungkinan bentuk masa depan, ia harus berpusat pada nilai kemanusiaan,” terangnya.

Adapun target dari kegiatan ECF adalah pegiat sosial, akademisi yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan guru, tenaga professional, pelaku budaya dan seni dan masyarakat umum yang mempunyai ketertarikan pada wacana filsafat.

“Karena itu kursus ini cocok untuk mereka yang mau memperluas horizon intelektual di bidang sosial, budaya dan filsafat. ECF ini juga bisa dijadikan wadah bagi mereka yang tertantang memahami dan menganalisis arus zaman secara kritis,” ulasnya.

Slamet juga berkata bahwa dari tahun ke tahun, antusiasme peserta terbilang cukup tinggi dan biasanya di pertemuan terakhir, panitia mengadakan evaluasi untuk mengetahui kesan dan masukan dari peserta serta saran topik menarik apa yang diangkat di ECF selanjutnya.

“Kami berharap bahwa peserta akan menjadi pembawa pencerahan di tengah masyarakat dengan mindset yang lebih fresh, luas dan mendalam. Menjadi pribadi-pribadi yang kritis, mampu berjarak dengan jaman, mampu berpikir mandiri serta mendukung ide-ide toleransi, pluralisme dan kebangsaan. Karena keterbatasan SDM dan institusional, maka selama ini tidak ada follow up kegiatan. Namun, setidaknya kegiatan ECF menumbuhkan jejaring sosial dengan wacana filosofis di medsos seperti misalnya di Facebook,” jelasnya.

Terakhir, Slamet juga berkata bahwa kegiatan ECF ini adalah bentuk komitmen Fakultas Filsafat Unpar untuk mencerdaskan bangsa. Di bawah Tri Darma Perguruan Tinggi, Fakultas Filsafat Unpar telah lebih dari 10 tahun mewujudkan aspek pengabdian masyarakat dengan meningkatkan taraf intelektual masyarakat melalui wacana filsafat. (Tan)

[
https://nasihatcanggih.blogspot.com/2020/02/unpar-gelar-ecf-unpar-future-studies.html]
Source : https://pasjabar.com/unpar-gelar-ecf-unpar-future-studies/

Monday, February 3, 2020

Sedih melihat kepanikan orang takut "ketularan" virus Corona

Gambar Ilustrasi saja
Numpang share dari dr Tan Shot Yen

Sedih melihat kepanikan orang takut "ketularan" virus Corona. Antri dibela2in beli masker, pdhl masker apapun TDK BISA MENCEGAH virusnya masuk ke pernafasan manusia. Virus ini jauh lbh kecil dr partikel polusi kebakaran hutan. Jadi, pakai masker N95 pun yg bikin napas sesek itu, TETEP virusnya masuk!

Nah, ketimbang antri beli masker, kenapa nggak beli BUAH DAN SAYUR yg jelas2 terbukti MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH. Sebab virus itu ogah menulari org yg kekebalannya tinggi dan FIT. Ada 5 jurus AMPUH mencegah infeksi virus sekaligus jd jurus bodi keren:
[https://nasihatcanggih.blogspot.com/2020/02/sedih-melihat-kepanikan-orang-takut.html]
1. Antri beli buah. Makan seperti bentuk aslinya. Tuhan sdh membuatnya sempurna. Nggak usah dianggap cacat shg pake diblender, diberi imbuhan gula susu atau taburan tetek bengek. Buah dg antioksidan tinggi tanpa bikin gemuk ada di 3M: markisa, manggis, matoa. DAN INI MILIK NEGRI KITA. JANGAN SAMPAI DIEMBAT ORANG ASING! Lagi musim nih.
2. Antri beli sayur. Usahakan jk bisa dlm bentuk lalap, plg mentok bikin karedok, pecel (yg disiram air panas, tanpa sayurnya jd lecek), urap. Sayur ini punya serat yg bukan cuma buat BAB, tapi bikin PROBIOTIK DLM USUS BESAR. Probiotik mu bagus, alhamdulilah IMUNITAS TINGGI!
3. Eradikasi sabotase imunitas. Siapa yg bikin justru imunitasmu AMBRUK? semua produk ultra proses. Minuman2 ajaibmu itu, yg tinggi gula, saos2 aneh yg memenuhi isi makananmu (yg katanya bikin enak pdhl bikin lidahnya kecanduan aja), gorengan (ujung2nya kegemukan dan sindroma metabolik menghancurkan daya tahan tubuh), dan cemilan2 yg pohonnya aja nggak ada.
4. Rajin olah raga!! Gak usah ke gym, kl punya rejeki, habis dpt angpao dr bos, beli sepeda statis. Nyicil jg bisa. Drpd beli hape baru. Istiqomah 30 menit tiap habis sarapan atau habis makan malam (istirahatkan dulu badannya kl abis makan, jgn langsung genjot)

5. Kena matahari. Bukan matahari matiin virus ya, ngaco. Matahari adalah the sunshine vitamin. Vitamin D3 kontributor kekebalan tubuh. Org2 yg rajin berjemur, rutin olah raga, makan sayur dan buah, serta tdk menyentuh sabotase hdp sehat, tebak, di bayanganmu tampangnya kayak apa? THE BEST VERSION OF U.
[https://nasihatcanggih.blogspot.com/2020/02/sedih-melihat-kepanikan-orang-takut.html]

Mari kita hidup dgn penuh kebaikan hati & kebajikan.


Alkisah Zhao Zi Hao seorg pebisnis sukses di China. Suatu ketika ia membeli sebuah properti di pinggiran kota utk direnovasi menjadi sebuah villa 3 lantai. Di dlm-nya ada kolam renang yg indah & sebuah pohon lychee berusia 100 thn di halaman blkg. Sebenarnya... dia membeli properti itu hanya krn pohon ini. Istrinya suka sekali makan buah lychee.

Selama renovasi, tmn²nya mendesaknya utk meminta pendapat seorg master fengshui. Zhao Zi Hao sendiri tak pernah percaya fengshui, tp ckp mengejutkan ketika dia setuju utk hub seorg master fengshui dari Hongkong. Grand Master itu adlh Master Cao yg telah berpengalaman > 30 thn dan sgt terkenal dlm dunia fengshui. Lalu Zhao mengantar sendiri sang Guru ke villanya di pinggiran kota.

Sepanjang jalan... ketika mbl di blkg mrk coba menyalip, Zhao melambat dan memberi jalan.
Master Cao dgn tertawa berkomentar:
"Big Boss Zhao, anda benar² mengemudi dgn aman."
Zhao tertawa: "Biasanya org yg menyalip punya masalah mendesak utk diurus, jadi kita sebaiknya tak menahannya."

Setibanya di sebuah kota kecil, jln makin menyempit shg Zhao memperlambat laju mbl-nya. Seorg anak sambil tertawa tiba² melesat keluar dari sebuah gang dan saat anak itu berlari melintasi jln, Zhao menghentikan mbl-nya. Lalu dia trs menunggu sambil menatap ke gang... seolah lg menunggu sesuatu......
Dan betul saja.....
Tiba² seorg anak lain melesat keluar, mengejar anak tadi yg di dpn-nya.
Master Cao terkejut & bertanya:
"Bagaimana anda tau akan ada anak lain yg mengikuti?"
Zhao mengangkat bahu: "Sebenarnya, anak² selalu mengejar satu sama lain dan tidak mgkn seorg anak berada dlm kegembiraan spt itu tanpa tmn bermain."
Master Cao memberinya jempol besar dan tertawa terbahak²: "Anda sgt perhatian sekali! "

Sesampainya di Villa, mrk turun dari mbl. Tiba² 7 - 8 ekor burung berterbangan dari halaman blkg. Melihat hal itu, Zhao berkata kpd Master Cao: "Jika anda tidak keberatan, tolong tunggu sebentar."
"Ada apa?" Master Cao tercengang.
"Oh, tidak apa² hanya mgkn ada bbrp anak yg sedang mencuri lychee di halaman blkg. Jika kita masuk skrg mgkn akan membuat mrk ketakutan. Jgn mengambil risiko shg menyebabkan ada anak yg mgkn akan jatuh dari pohon lychee." Zhao menjawab dgn humor.

Master Cao terdiam bbrp saat sblm berkata: "Sejujurnya... Rmh ini tidak memerlukan evaluasi fengshui lagi."
Kini giliran Zhao yg terkejut: "Knp begitu?"
"Setiap tempat yg anda miliki, scr alami telah menjadi properti dgn fengshui yg plg baik & menguntungkan... Kebaikan hati mengalahkan ilmu fengshui."

Bila pikiran dan kebaikan hati kita memprioritaskan kedamaian & kebahagiaan org lain, yg beruntung bkn cuma org lain, tp jg diri kita sendiri.
Bila seseorg memiliki kebaikan hati dan memperhatikan org lain setiap saat, maka org ini scr tidak sadar telah menjadi org suci.
Org suci sebenarnya adlh org yg selalu mendahulukan segala sesuatu utk manfaat org bnyk sblm menjadi tercerahkan.

Nah itu pendapat master Cao utk org yg memiliki kebaikan hati....

Mari kita hidup dgn penuh kebaikan hati & kebajikan.

Ada pepatah yg bilang:

Jika kita berbuat baik, meski rejeki blm dtg, tp malapetaka sudah menjauh.

Jika kita buat jahat, meski malapetaka blm dtg, tetapi rejeki sudah menjauh"

Nasib seseorg ditentukan oleh “jumlah kebajikan” seseorg, serta karma, takdir & fengshui bisa berubah krn kebajikan.

Kebaikan-lah yg terutama akan menentukan masa dpn πŸ˜‡

Inspiring Story: BAJU TAMBALAN IBU


BAJU TAMBALAN IBU😊😊😊😊😊😊😊

By: Mr. Marzuki Usman

***SUATU hari, Zacky mengalami kecelakaan mobil. Untungnya, kecelakaan itu tidak parah, dia hanya mengalami luka terkilir.
***Ketika membawa mobilnya yang rusak ke bengkel, tiba-tiba dia sadar bahwa rumah orangtuanya tidak jauh dari bengkel tersebut, dan karena sudah cukup lama tidak menjenguk mereka, dia pun mampir ke rumah orangtuanya.

***Zacky mampir ke rumah orangtuanya dan menginap semalam.
***Keesokan harinya, saat akan pulang, dia melihat pakaian robeknya kemarin telah dijahit oleh ibunya. Zacky sedikit tersentuh dan kemudian bergumam: "Uangku banyak, nanti dibuang saja baju itu sesampainya di rumah!"

***Namun, karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya, Zacky pun lupa sesampainya di rumah. Dia mengenakan pakaian yang ditambal ibunya itu dan pergi ke berbagai jamuan. Bahkan berhasil mencapai kesepakatan bisnis besar yang sudah lama ditunggu-tunggu.

***Setelah sibuk sampai malam, tiba-tiba dia baru menyadari masih mengenakan pakaian yang ditambal ibunya, kemudian dia melepas pakaian itu dan dibuang ke tong sampah.

***KEESOKAN paginya, bisnis yang dibicarakan kemarin secara resmi ditandatangani. Klien bertanya kepadanya, “Mengapa pakaian tambal yang Anda kenakan kemarin itu tidak dipakai lagi hari ini ?”

* “O..pakaian itu mau dicuci,” sahutnya tersenyum malu.

**Klien besarnya itu menepuk pundaknya dan berkata, “Anda mungkin tidak tahu, kami menandatangani kontrak dengan Anda karena melihat tambalan kecil pada pakaian yang Anda kenakan. Dari pakaian itu, kami dapat menilai bahwa Anda adalah orang yang sederhana dan pekerja keras. **Bagi kami, sosok orang yang sederhana dan pekerja keras itu jelas merupakan mitra terbaik!”

***Saat pulang ke rumah, Zacky mencari pakaian tambal itu dari tong sampah. Dia mencucinya dan digantung di sudut lemari yang tidak mencolok, siapa tahu nanti berguna, gumamnya.

***SATU minggu berlalu, suatu pagi saat akan berangkat kerja, Zacky didatangi dua petugas polisi. Ternyata pada malam minggu lalu, salah satu kliennya diculik dan dihabisi. Kawanan penculik ditangkap malam itu juga.
***Selama interogasi, mereka mengaku bahwa mereka awalnya ingin menculik Zacky, jadi pagi ini, polisi menemui Zacky untuk mengingatkannya.

***Sontak saja, Zacky tercengang mendengarnya dan bertanya kepada polisi : “Lalu mengapa mereka akhirnya tidak menculikku ?”

* “Karena mereka melihat Anda mengenakan pakaian yang ditambal, lalu menduga Anda tidak sekaya yang dibayangkan, mereka berpikir tidak mungkin seorang pengusaha kaya memakai pakaian yang ditambal,” kata Polisi.

***Perasaan Zacky bergejolak tak menentu setelah mendengar keterangan polisi, tak disangka tambalan yang tak terduga itu telah menyelamatkan nyawanya.
***Setelah petugas polisi pergi, Zacky segera mengambil pakaian itu, dia mengelus jahitan di pakaiannya sambil membayangkan wajah ibunya, dan tanpa bisa ditahan dia pun menangis seperti anak kecil.

***KASIH  ibu itu bagaikan tetesan air mata, meski tak bersuara, tetapi bisa meresap sampai ke relung hati yang kering; dia biasa-biasa saja, tetapi mengandung sebuah keagungan yang luar biasa !

***Terkadang, ibu adalah setetes obat yang mujarab. Dapat menyelamatkan jiwa orang yang kritis ;

***Terkadang, kasih ibu bagaikan seberkas cahaya penuntun di lautan kehidupan.

***Menuntun kita keluar dari kegelapan, mengikuti cahaya terang.

***Siapa yang bisa mengukur dan benar-benar bisa membalas jasa dari kasih ibu yang mulia ini ?

***Jadilah anak yang berbakti, sering-seringlah pulang menjenguk kedua orangtuamu !

***Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda!...πŸ™

***Berkah Dalem...πŸ™

CERITA DARI RUANG KONSELING NOVITA TANDRY - ANAK SUMPAHIN PAPANYA CEPAT MATI


Seorang pria muda dikirim Mamanya untuk konseling dengan saya beberapa waktu yang lalu, usianya 27 tahun, lulusan S2, kata Mamanya tidak punya daya juang, bangun jam 2 siang, makan siang jam 3 yang diantar ke kamar, main games sampai malam terkadang tidak mandi dan sudah berlangsung selama 16 bulan.
[https://nasihatcanggih.blogspot.com/2020/02/cerita-dari-ruang-konseling-novita.html]
Ketika ditanyakan sebut saja, namanya TJ, kog gitu hidupnya? Jawabnya : Laah..  apa yang salah? Kenapa saya harus kerja capek2? Bangun jam 6 pagi pulang jam 8 malam, gaji Rp 5 juta, potong bensin dan tol plus makan siang, sisa setiap bulan hanya Rp 1 juta! Belum lagi kerjaan yang gak kunjung habisnya, dimarahin Boss, lebih baik tinggal di rumah sambil nunggu Papa MATI! Melototlah mata saya! Hah?! Kenapa begitu? Iyalah, Papa sudah kena sakit jantung dan sudah pasang cincin beberapa buah, kolestrol, trigliserida dan darah tinggi, rasanya gak lama lagi mati deh 😞 klu mama sich kayaknya panjang umur deh, soalnya jarang sakit, jadiii klu Papa meninggal, saya kan anak tunggal, hartanya bisa dibagi dua sama Mama.

Lalu saya tanya, kamu gak berasa berdosa atau salah ngomong seperti itu? Hmmm.. gak juga yah soalnya Papa kan suka ngomong sejak dulu, sejak saya kecil, Papa sibuk kerja buat kamu, cari uang buat kamu sekolah tinggi dan semua milik Papa buat kamu nantinya kalau Papa meninggal nanti. Yaahh daripada cape2 kerja saya tunggu Papa mati aja yah trus hartanya nanti bagi dua sama Mama, saya sich.. sambung pria jangkung ini, gak mau nikah yah, cewe2 pada matre yang ada harus bikin prenuptial dan pasti mereka gak mau karena saya jelek, uang warisan didepositokan di bank aja saya ambil bunganya aja trus nikmati hidup begini aja sampai mati, gak mau kayak hidup Papa yang kayaknya kog gak hepi banget yah kerja keras terus dari muda.

Naah mulailah tugas saya sebagai seorang Psikolog Anak dan Remaja (walaupun yang ini bukan anak atau temaja lagi) untuk mendengar, merasakan, memberikan advis, menguatkan dan berbicara ttg makna hidup, kronos dan kairos untuk beberapa bulan ke depan yaah dan yang tentunya melibatkan kedua orang tuanya πŸ˜‰

Pesan saya.. Kalau gak mau disumpahin mati ama anak sendiri, mulailah bicara makna hidup ke anak2mu yah, parents.. jangan melulu nanyanya sudah bikin PR belum, sudah mandi belum? Sudah sikat gigi belum? Nilai ulangan dapat berapa? Bimbel dan bimbel lagi, mulai tanyakanlah tentang perasaan mereka, makanan yg dimakan, seru gak tadi main basketnya, siapa teman paling dia sukai, guru yang terbaik, guru terlucu, guru yang galak, kenapa suka menggambar, dll. Pelajari apa kesukaannya, kapan matanya berbinar mengamati sesuatu, lontarkan pertanyaan apa, mengapa, di mana, bagaimana, kemana, dan bagaimana? Sentuh hatinya bahwa kalian HADIR dalam hidupnya. Dan semuanya butuh investasi WAKTU BERKUALITASMU bukan WAKTU SISA-SISAMU!

Ingat yah.. anak mengeja kata cinta bukan dengan C-I-N-T-A tapi dengan
W-A-K-T-U!

Happy Parenting!
The hardest job you will ever love ❤

Novita Tandry
Psikolog Anak dan Remaja
NTO Nurture Teach Observe
Childcare and Early Education
[https://nasihatcanggih.blogspot.com/2020/02/cerita-dari-ruang-konseling-novita.html]
Sumber: https://www.facebook.com/1428387130/posts/10222601820060714/?d=n

Kamu lagi marah sama orang tua,Apa sih yang harus di lakukan.


Kamu lagi marah sama orang tua? atau lagi kesel bahkan sampai benci? Apa sih yang harus di lakukan??

Masalah ini memang sering menjadi topik hangat di tengah-tengah kita semua. So saksikan serial ini selalu

 Apa Kata Pastor Leo van Beurden 

Untuk rekan2 yang punya kendaraan mobil pribadi


Numpang share ya.

 Mau naik mobil? O.K. boleh, buka semua kaca, lalu
nyalakan AC selama beberapa menit, baru kemudikan kendaraan tersebut dapat ditutup kaca-kaca nya kembali.
[https://nasihatcanggih.blogspot.com/2020/02/untuk-rekan2-yang-punya-kendaraan-mobil.html]
πŸš— Tidak heran, semakin banyak orang meninggal karena kanker.
Kita bertanya-tanya dari mana saja penyebabnya?

πŸš— Disini ada sebuah contoh yang menjelaskan insiden-insiden yang dapat menyebabkan kanker.

πŸš— Menurut sebuah penelitian, dashboard mobil,sofa, pengharum mobil bisa menghasilkan Benzene , racun penyebab kanker (karsinogen).

πŸš— Luangkanlah waktu dan amatilah bau plastik dashboard yang terkena panas.

πŸš— Selain menyebabkan Kanker, Benzene meracuni tulang-tulang anda, menyebabkan Anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih.
Bila terhirup terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan Leukemia,
masenambah resiko penyebab kanker.

πŸš— Tingkat Benzene di dalam ruangan yang bisa ditoleransi sebesar 50mg/ft2.

πŸš— Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan mengandung 400-800 mg Benzene.

πŸš—Jika parkir di luar ruangan dibawah sinar matahari pada  15 derajat ke atas, tingkat Benzene naik hingga 2000-4000 mg, 40X dari tingkat Benzene yang bisa ditoleransi.

πŸš— Orang-orang yang sewaktu masuk ke dalam mobil, tidak membuka jendela sama sekali, berakibat akan menghirup banyak racun yang dengan sangat cepat masuk ke dalam tubuh anda.
Benzene adalah racun yang mempengaruhi ginjal dan hati... Buruknya, sangatlah sulit bagi tubuh untuk membasmi racun-racun tsb.

πŸš— Jadi bukalah pintu dan jendela mobil sebelum anda masuk dan berilah waktu untuk racun-racun yg mematikan ini keluar, sebelum anda masuk ke dalam mobil.

πŸ’ Bagikanlah info ini kepada orang  yang ada disekitar kita semoga dapat bermanfaatπŸ’
[https://nasihatcanggih.blogspot.com/2020/02/untuk-rekan2-yang-punya-kendaraan-mobil.html]
✍ sumber: Toyota Astrido
https://pesantoyota.com/

Bantu share dr grup sebelah, semoga bermanfaat.

Perlu disebarkan ke anak kita meskipun dia sdh mempunyai anak juga.

 *Perlu disebarkan ke anak kita meskipun dia sdh mempunyai anak juga*.

Jangan sampai terjadi kisah nyata dalam kehidupan di dunia ini...

*1.Ketika kita sebagai suami isteri yg masih muda* dan memiliki anak2 yg masih kecil, maka kita akan seperti BOLA BASKET πŸ€ yg selalu menjadi rebutan oleh mereka karena ada sesuatu yang mereka ingin dapatkan dari kita.

*2.Jangan sampai ketika kita telah tua, kita diperlakukan seperti BOLA* VOLI 🏐 yang dioper kesana kemari, dari satu anak ke anak yang lain karena mereka anggap orang tuanya menyusahkan dan membatasi kebebasan mereka utk beraktivitas.

*3.Ketika kita semakin tua, jangan sampai  anak-anak memperlakukan kita seperti BOLA KAKI*⚽ yg selalu ditendang kesana kemari karena dianggap semakin menyusahkan dan dianggap sebagai beban.
Melarang kesukaan orang tua :
Reunian, silaturahim, minum teh, kopi, makan cemilan yg merupakan favorit orang tua.
         
*4.Akhirnya ketika kita sudah jompo,anak anak memperlakukan kita seperti BOLA GOLF* 🏌🏾‍♂dibuang sejauh mungkin agar sesegera mungkin masuk lubang... ⛳.

*Ingatlah,sebagai anak2 yg memiliki orang tua,kitapun akan menjadi tua* seperti mereka, dan apa yg kita telah tabur didalam kehidupan, akhirnya akan kita tuai hasilnya dikemudian hari.

*Oleh sebab itu*
*Jadikanlah orang tuamu seperti BOLA RUGBY* 🏈 meskipun berlumuran lumpur tetap diperebutkan dipeluk dan didekap dengan eratnya.

*Semangat ya utk berbakti dan menyayangi kedua orang tua kita*, bagi yg msh mempunyai orang tua, krn selama msh ada orang tua adalah waktunya kita berbakti.

*NAUSKA* - Nasihat Usaha Dan Karya
πŸ€πŸ™πŸ€

 

Email : fellyginting95@gmail.com

Name

Email *

Message *