Latest News

Monday, December 13, 2021

[Art 1] Kenapa Mobil Kerap Mendadak Mati di Tengah Rel Kereta Api? [Art 2] Lebih Baik Kehilangan Waktu 1 Menit Daripada Kehilangan Nyawa

 

[Art 1 ] 👇

_*Melintas perlahan dapat mencegah mesin mobil mati tiba-tiba. Selalu beri jarak aman ketika berkendara dan bersabarlah sedikit saat menunggu kereta api melintas sampai sirine palang pintu dimatikan*_,tutur penulis artikel ini,baca artikel selengkapnya di bawah ini.

https://www.iniok.com/2021/12/kenapa-mobil-kerap-mendadak-mati-di.html

Jakarta - *Sudah sering terjadi mesin mobil tiba-tiba mati* saat menyeberangi rel kereta api. Tak jarang kasus ini menyebabkan kecelakaan fatal, terutama ketika pengemudi tidak bisa menguasai keadaan, sehingga panik dan akhirnya tertabrak kereta api yang melintas. Lalu mengapa mesin mobil bisa tiba-tiba mati ketika menyeberangi rel kereta api?

*Menurut Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI* (Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia), sebagaimana dikutip dari laman Daihatsu, di rel kereta terdapat emisi elektromagnetik. Artinya ada kabel penghantar arus listrik yang terpasang. Kabel tersebut dikatakan tidak kompatibel dengan mesin mobil.
Terlebih jika kereta api hendak melintas di jarak 600 meter, arus listrik tersebut akan menghantarkan medan magnet yang tinggi. Medan magnet tersebut bakal membuat mesin mobil mati di rel kereta api.

*Penjelasannya, ketika ada arus listrik yang mengalir pada rel kereta bersentuhan dengan benda elektromagnetik* yang tidak kompatibel, maka berpotensi menghasilkan emisi di atas ambang batas. Paparan dari emisi tersebut yang membuat sistem kelistrikan benda lain mati. Dalam hal ini Electronic Control Unit (ECU) yang menjadi penggerak utama mobil berhenti bekerja, akhirnya mobil macet di tengah rel.

*Sementara menurut penjelasan PT KAI (Kereta Api Indonesia),mesin mobil tiba-tiba mati di atas rel kereta api bisa disebabkan oleh medan magnet yang dihantarkan dinamo lokomotif* ke rel kereta api, dalam radius satu kilometer. Itulah alasannya petugas menutup palang pintu, bahkan ketika kereta belum terlihat.

*Hal itu bisa terjadi karena pengendara mobil tidak memindahkan gigi mesin* ke putaran yang lebih rendah, maka putaran mesin dinamo dan koil bisa mati akibat medan magnet dari lokomotif.

*Selain kedua faktor tersebut,ada faktor lain* yang membuat mobil macet saat melintas di rel kereta, yaitu faktor psikis. Kondisi ini membuat pengendara panik dan tidak bisa berpikir jernih.

*Siapapun yang terjebak pada kondisi ini pasti histeris* dan ketakutan. Terlebih pada mobil dengan transmisi manual, perpindahan kopling dan gas akibat panik jadi tidak stabil dan membuat mesin mobil mati dan sulit dinyalakan.

*Cara mengatasi mobil mati saat melewati perlintasan rel kereta api* (_*baca lebih lengkap di bawah ini...*_)👪👮👯👇👇👇 https://www.iniok.com/2021/12/kenapa-mobil-kerap-mendadak-mati-di.html

Ketika mesin mobil Anda tiba-tiba mati di tengah rel kereta api, usahakan jangan panik, karena ada cara mengatasi mesin mobil mati saat melintas di rel kereta api.

Disampaikan Dolf Valentino, Kepala Bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta, jika mesin mobil mati di perlintasan rel kereta api, sebaiknya pengemudi terus menerus membunyikan klakson dan starter mobil. Berdasarkan pengalaman para ahli, cara ini dapat memutus medan magnet dan rangkaian listrik yang ada di sekitarnya.

Kemudian, jika mesin tidak bisa dinyalakan kembali, segera tinggalkan mobil, serta jauhi perlintasan rel kereta api demi keselamatan.

Tips aman melewati perlintasan rel kereta api

Langkah utama yang perlu dilakukan adalah patuhi rambu-rambu yang ada. Jangan nekat menerobos palang pintu karena sama saja dengan menjemput maut.

Kemudian ketika kereta api hendak dan setelah melintas, rel kereta masih berpotensi menghantarkan emisi elektromagnetik. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, emisi itu ada pada rel kereta bahkan dalam jarak 600 meter. Untuk itu, gunakan kecepatan rendah saat berkendara.

Melintas perlahan dapat mencegah mesin mobil mati tiba-tiba. Selalu beri jarak aman ketika berkendara dan bersabarlah sedikit saat menunggu kereta api melintas sampai sirine palang pintu dimatikan.

https://oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-5304982/kenapa-mobil-kerap-mendadak-mati-di-tengah-rel-kereta-api-ini-penjelasannya.

NAUSKA - Nasihat Usaha Dan Karya

IniOK.com

https://www.iniok.com/2021/12/kenapa-mobil-kerap-mendadak-mati-di.html

TAMBAHAN INFORMASI SEKITAR PERLINTASAN REL KERETA API :

 
Sumber Gbr.dari news.detik com 
  [Art 2 ]👇
 " *Lebih Baik Kehilangan Waktu 1 Menit Daripada Kehilangan Nyawa Dalam 1 Menit.Yang punya Driver diberi tau, yg sopir sendiri hati2, diperhatiakan, himbauan ini..!!!*  ", Penting Teruskan Untuk Dibaca ! Harus Baca !)
*Inilah Penjelasan PT KAI*, Mengapa Mesin Mobil dan Motor Sering Mati Di Atas Rel

*Hati-hati bila menerobos palang pintu kereta Api*

Penjelasan kenapa mesin mobil sering mati di atas perlintasan sebidang rel KA

*Penjelasan teknis* :
Dilokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo, di dlm dinamo ada unsur magnit yg cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1KM dr lokomotif.

*Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah*, apabila pengendara tdk memindahkan gigi mesin yg lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yg ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA. Oleh karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yg berjarak kurang dr 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sdh lemah dpt mati.

*Bila hal ini terjadi segera keluar dr mobil anda, krn mesin mobil akan susah utk di stater kembali.*
Maka di sarankan jgn melintasi rel KA bila sdh terlihat KA walaupun masih berjarak 1 Km dr perlintasan sebidang demi keselamatan anda, Ingat KA tdk bisa mengerem mendadak krn roda dan rel terbuat dr baja shg tdk ada friksi, rata rata KA akan berhenti sejauh 800 meter setelah di rem 
(Hormat kami : Bagus Setya/PM1156 Perkeretaapian).

*Share Artikel ini bila menurut anda bermanfaat untuk orang lain* !!!🚂🚞🚞🚞🚞🚞🚞

https://cirebonraya.pikiran-rakyat.com/ragam/pr-1143214004/penting-untuk-dibaca-inilah-penjelasan-kai-kenapa-mesin-mobil-dan-sepeda-motor-sering-mati-di-atas-rel?page=3 

 
 

NB,Catatan Dari Kominfo:

Beberapa Informasi Terdahulu Yang Dinyatakan Hoax oleh Kominfo:

Penjelasan :

Sebuah informasi berulang kali disebarkan oleh pengguna media sosial dari tahun ketahun sampai sekarang. informasi tersebut terkait penjelasan mesin mobil yang mati karena rel kereta api. dalam narasinya dijelaskan teknis mengapa mesin itu bisa mati saat berada diatas rel kereta api.

faktanya informasi tersebut belom teruji secara ilmiah, Mesin mobil bisa mati di mana saja. Data dari Federal Railroad Association (FRA) di Amerika menunjukkan bahwa hanya ada 320 kali insiden dan hanya 6 kali yang mobil tidak bisa dinyalakan. ada beberapa hal lumrah penyebab mobil mati di atas rel kereta api.pertama adanya problem pada mesin secara mekanikal, mesin tidak menyala lantaran pengemudinya panik saat menyalakan kendaraan. ataupun karena kendaraan terjebak di tengah-tengah rel dan tidak bisa melewati rel.

Link Counter:
https://news.detik.com/berita/d-3093458/broadcast-message-tentang-mobil-mati-di-perlintasan-ka-ilmiah-atau-tidak
http://www.straightdope.com/columns/read/2770/why-are-cars-so-prone-to-stalling-over-railroad-tracks/ 

https://www.iniok.com/2021/12/kenapa-mobil-kerap-mendadak-mati-di.html

No comments:

Post a Comment

Email : fellyginting95@gmail.com

Name

Email *

Message *