Latest News

Saturday, February 27, 2021

INDONESIA PALING TAKSOPAN DALAM BERKOMUNIKASI DI DUNIA MAYA SE- ASIA TENGGARA 2020

 

🌾     
*INDONESIA PALING TAKSOPAN DALAM  BERKOMUNIKASI *
*DI DUNIA MAYA SE- ASIA TENGGARA 2020*
*Microsoft sudah merilis hasil survainya mengenai tingkat  ketaksopanan pengguna internet di dunia ini untuk tahun 2020.* 

Penilaian Microsoft  memakai suatu angka skor. Makin tinggi skor suatu negara, makin taksopanlah warga net negara itu. 

Untuk kawasan Asean, pengguna internet di  Indonesia menduduki posisi sebagai yang paling taksopan berkomunikasi di dunia maya (internet). Indonesia mendapat skor 76 sebagai yang paling taksopan. Negara di Asean yang paling sopan berinternet adalah Singapore dengan skor 59. 

*Selengkapnya,  peringkat ketaksopanan warga net di Asia Tenggara, (dimulai dari atas, dari yang paling taksopan) adalah sebagai berikut*: 
1. Indonesia, 76
2. Thailand, 69
3. Philipina, 66
4. Malaysia, 63
5. Singapore, 59

Ada apa yang terjadi di kalangan warga net  Indonesia yang menjadi juara taksopan se Asia Tenggara tahun 2020? Malukah kita dengan predikat paling taksopan itu?

Kelakuan warga net Indonesia ini, tidak menggambarkan karakter bangsa Indonesia di dunia nyata. Dari sejak  zaman dulu bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang ramah, penuh sopan santun. 

Untuk memperbaiki kinerja kesopanan berinternet,  Mocrosoft juga memberi tip / saran  berinternet yang baik dan benar. Menurut Microsoft, untuk hidup nyaman dalam  berkomunikasi di dunia maya, *warga net diharapkan dapat berpegang pada 4 prinsip saat berkomunikasi secara online,yaitu:*

1. Live the Golden Rules:
Bertindaklah dengan empati, kasih sayang, dan kebaikan hati  dalam setiap interaksi; dan perlakukanlah orang lain dengan cara yang  bermartabat dan terhormat.

2. Respect differences:
Hargailah perbedaan budaya dan hormati perbedaan cara pandang. Bila ada yang tak sepakat,  ajaklah dengan cara bijaksana dan hindari menyebut nama dan serangan pribadi.

3. Pause before replying:
Jedalah sejenak dan berpikirlah sebelum menanggapi hal-hal yang tak  disepakati. Jangan mem-posting atau mengirim apapun yang mungkin dapat menyakiti orang lain, merusak reputasi atau mengancam keselamatan siapapun, termasuk diri sendiri. 

4. Stand up for myself and others:
Beritahu kepada siapapun jika Anda merasa tak aman; tawarkan dukungan kepada orang-orang yang jadi target kedzoliman atau  kekejaman secara online; laporkan kegiatan yang mengancam keselamatan siapapun, dan simpanlah bukti ketidakpantasan atau kelakuan yang tak aman tersebut.

Horas. 
Pmlg 27.02.2021.
MT Shtg
Source: https://www.kompas.com/sains/read/2021/02/26/194500523/netizen-indonesia-paling-tidak-sopan-se-asia-tenggara-pengamat-sebut-ada-3?page=all

No comments:

Post a Comment

Email : fellyginting95@gmail.com

Name

Email *

Message *