Latest News

Saturday, November 28, 2020

SPIRITUALITAS JAWA

 SPIRITUALITAS JAWA

✍️ Spiritualitas Jawa telah ada ribuan tahun sebelum Masehi, jauh sebelum lahirnya agama² Samawi. Konsep Tuhan dalam Spiritualitas Jawa adalah unik..., khas..., dan berbeda dengan konsep tentang Tuhan versi agama Samawi /Abrahamik.

✍️ Agama Samawi yang berasal dari  bangsa-bangsa yang ada di Timur Tengah..., memiliki konsep Tuhan yang cenderung anthropomorfis, yang bersifat dan berperilaku sebagaimana manusia...;  seperti  senang..., marah..., cemburu..., menyuruh /memerintah..., menghukum dan sebagainya.

✍️ Spiritualitas Jawa..., tidak pernah menggambarkan Tuhan dengan konsep sebagai personal atau sosok raksasa di atas langit..., yang bebas melakukan apa saja terhadap manusia...;  seperti menguji..., memerintah..., melarang..., menghukum..., atau memberi hadiah...,  dan sebagainya layaknya perilaku manusia yang lain.

✍️ Dalam spiritualitas Jawa..., Tuhan lebih sering disebut dengan istilah Hurip ( Hidup ) ..., atau Sang Hyang Hurip / Sang Maha Hidup. 

✍️ Konsep ini lebih bersifat abstrak dan universal ..., daripada konsep tentang Tuhan sebagai sosok yang bersifat anthropomorfis tadi.

✍️ Itulah sebabnya..., dalam spiritualitas Jawa tidak ada istilah menyenangkan Tuhan..., memperjuangkan Tuhan..., membela Tuhan..., ataupun berperang atas nama Tuhan...; karena Tuhan dipahami sebagai Sumber, Dasar, dan Tujuan dari segala sesuatu..., the power of LIFE itself ( Sangkan Paraning Dumadi ).

✍️ Dengan demikian...,  spiritual Jawa bisa menghargai dan hidup harmonis selaras dengan kepercayaan dan keyakinan lain..., karena menganggap semua itu berasal dari Tuhan..., sehingga tidak perlu ada persaingan untuk menunjukkan atau berebut pengaruh mengenai Tuhan milik siapa yang lebih benar.

✍️ Semuanya adalah berasal dan akan kembali kepada Tuhan juga..., tanpa ada pembedaan dan diskriminasi sedikitpun.

✍️ Itu juga sebabnya..., dulu orang Jawa bisa menerima dan mempersilakan semua agama dari bangsa-bangsa asing  untuk bisa masuk..., hidup..., dan berkembang di negeri ini.

✍️ Walaupun pada saat ini...; tidak sedikit dari mereka yang kemudian berkembang menjadi arogan..., ekspansif..., dan bahkan ingin menghilangkan atau  mengusir tradisi / budaya sang tuan rumah.

✍️ Spiritualitas Jawa..., juga tidak pernah mengenal misionari...; yaitu upaya ekspansi ataupun perekrutan massa. 

✍️ Spiritualitas Jawa...,  juga tidak pernah bicara tentang dominasi untuk menguasai dan mengatur seluruh dunia ke dalam satu sistem dan seragam yang sama.

✍️ Spiritualitas Jawa menghargai keragaman dan perbedaan secara sebenarnya..., bukan sekedar basa-basi di mulut saja.

✍️ Dan karena sifatnya yang demikian..., maka spiritualitas Jawa juga tidak sibuk mengatur tentang perilaku manusia..., melainkan sekedar berusaha membangkitkan kesadaran manusia.

✍️ Spiritualitas Jawa menyakini..., bahwa  dengan kesadaran itu manusia akan bisa mengatur dirinya sendiri dengan lebih baik.

✍️ Spiritualitas Jawa juga tidak menciptakan doktrin yang kaku dan tidak boleh diubah...,  karena menyadari bahwa pengertian manusia akan terus berkembang dan berubah sesuai dengan perkembangan tingkat kesadarannya seiring dengan waktu. 

✍️ Spiritualitas Jawa...,  juga tidak menciptakan sistem dan lembaga yang cenderung akan menciptakan penjara baru bagi umat manusia. 

✍️ Spiritualitas Jawa juga tidak menciptakan dokumentasi yang mati dan kaku..., karena menyadari bahwa KITAB  yang SEJATI letaknya ada di hati nurani dan sanubari manusia yang terdalam..., karena di situlah manusia akan bisa memahami "TUHAN" yang SEJATI .., dan bukan Tuhan yang sekedar sebagai "berhala mental" saja.

✍️ Spiritualitas Jawa juga tidak menciptakan teror..., ketakutan..., dan ancaman...; serta tidak ingin menciptakan perbudakan terhadap manusia berdasar ancaman dan rasa takut. 

✍️ Yang ada dalam Spiritualitas Jawa hanya  WELAS ASIH..., karena WELAS ASIH  terhadap semua ciptaan-NYA merupakan sifat dan HAKEKAT dari TUHAN  yang SEJATI..

Salam 
Welas Asih & Kebajikan

Rahayu ...🙏

No comments:

Post a Comment

Email : fellyginting95@gmail.com

Name

Email *

Message *