Latest News

Friday, November 8, 2019

MENABUNG WORLD SAVING DAY!


By Galatia Chandra – 31 October
Author of Hacking Your Mind

Setiap bulan, satu hal yang sangat menyenangkan bagi Julia dan para sepupunya adalah berkunjung ke rumah Oma-Opanya untuk makan bersama sebagai keluarga besar. Mereka akan menunggu saat yang paling menyenangkan yaitu saat ketika kakeknya memberi mereka beberapa koin. “Nah, kalian bisa membeli sesuatu dengan koin ini.” Seru kakeknya.

Selanjutnya seluruh anak-anak tersebut akan berlari membeli permen karet, gulali dll. Para orang tua mereka geleng-geleng kepala. Mereka saling berkata: “Kalau begini caranya anak-anak tidak akan belajar bagaimana mereka mengatur keuangan mereka.” Setelah orang tua Julia dan para sepupunya itu berunding, akhirnya mereka semua sepakat untuk membuat sebuah kompetisi. Dalam waktu 1 tahun yang akan datang, setiap anak harus menunjukkan apa yang mereka lakukan dengan koin-koin tersebut.

Beberapa anak-anak berpikir tentang bagaimana mereka menyimpan uang mereka. Tetapi Ruben & Nico, karena mereka adalah yang terkecil dari semua anak-anak. Mereka tidak berpikir panjang dan juga tidak perduli dengan kesepakatan tersebut. Mereka segera saja menghabiskan uangnya untuk membeli permen. Bahkan mereka mengeluarkan permen di depan anak-anak yang lain untuk menggodanya.

Clara & Joe pun terpancing & menjadi kesal, mereka pun segera saja membelanjakan uang mereka untuk permen tersebut.

Alex Karena agak besar agak berbeda, ia punya hati sekeras baja. Ia ingin memenangkan kompetisi tersebut, sebab itu ia menabung dan menabung. Dengan uang yang banyak ia bisa membeli permen dalam jumlah banyak bahkan juga membeli mainan. Otomatis ialah yang jadi pemenangnya dan seluruh sepupunya harus belajar darinya tentang keuntungan mengetahui cara menyimpan uang yang baik & sabar.

Bagimana dengan Julia?, Julia tidak tertarik dengan kompetisi tersebut. Ia sesungguhnya punya sebuah rencana rahasia. Dihari ia mendapatkan uangnya, esoknya uangnya sudah dihabiskannya tanpa alasan yang jelas untuk apa.

Perlombaan ini bukan hanya dilakukan tahun itu saja. Di tahun kedua inilah Julia mengejutkan seluruh saudara-saudaranya. Apa yang terjadi? Hari itu ia pergi ke rumah kakeknya dengan sebuah Biola dan uang dalam jumlah yang sangat banyak. Apa yang lebih luar biasa adalah mendengarnya memainkan biolanya dengan sangat luar biasa.

Semua orang tahu bahwa Julia ingin sekali bermain biola, tetapi keluarganya tidak sanggup membayar biaya pelatihan untuknya. Karena Julia tahu ada seorang Violinist miskin yang suka bermain di taman. Dihari pertama ia mendapat koin dari kakeknya itu Ia pun memberikan koinnya pada violinist tersebut agar mau mengajarinya bagaimana bermain biola.

Tentu saja koin-koin itu tidak begitu tinggi nilainya, namun Karena melihat antusiasme Julia, vionlinist tersebut pun hatinya tergerak & setuju. Julia menunjukkan bagaimana ketertarikannya pada biola tersebut, sehingga Violinist tersebut meminjamkan biolanya pada Julia sehingga mereka bisa bermain duet di taman.

Permainan Julia dan violinist itu menarik perhatian orang banyak dan mereka memberikan uang donasi pada mereka. Dan Violinist tersebut cukup fair untuk membagi uang yang diterima dari masyarakat itu pada Julia. Itulah sebabnya maka Di tahun kedua Julia mampu membeli biolanya sendiri dengan menyisihkan masih banyak uang. Itulah yang terjadi!

Cara yang terbaik di dunia untuk menabung adalah investasi pada sesuatu yang dapat menghasilkan sebuah “skill” di dalam diri kita.  Sebab uang semakin hari nilainya semakin turun. Harga segenggam beras saat ini dan segenggam beras 5 atau 10 tahun yang akan datang pasti berbeda di tahun yang akan datang beras harganya lebih mahal menunjukkan uang kita nilainya makin merosot. Tapi investasi dalam skill / keahlian berbeda. Semakin kita asah skill kita maka akan semakin menghasilkan lebih banyak uang bagi kita. Ini prinsip investasi pintar!

Banyak orang mau menabung tapi berkata bagaimana mau menabung, dengan gaji yang ada sekarang ini aja, sebelum akhir bulan sudah habis & saya hidup berkekurangan. Itu adalah Karena paradigma yang salah. Perhatikan apa yang Warren Buffet katakan: “Do not save what is left after spending, but spend what is left after saving.” Bila kita hidup tanpa perencanaan keuangan. Jelas hidup kita akan selalu berkekurangan. Namun bila kita merencanakan keuangan kita dengan baik. Dimana saving ditaruh paling awal. Maka kita akan hidup lebih baik.

Hari ini adalah “World Saving Day” Mari kita mengingat kembali pentingnya menabung!

Have a GREAT DAY! GC

No comments:

Post a Comment

Email : fellyginting95@gmail.com

Name

Email *

Message *