Latest News

Wednesday, March 20, 2019

Ternyata banyak banget manfaatnya untuk kesehatan Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan Ketumbar


Ternyata banyak banget manfaatnya untuk kesehatan
Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan Ketumbar

Ketumbar adalah salah satu rempah yang sering kita jumpai dalam berbagai masakan. Biasanya ketumbar dijadikan bumbu pelengkap untuk menambah cita rasa masakan agar masakan terasa lebih enak. Selain untuk masakan, ternyata ketumbar memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan lho. Penasaran? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari rutin mengonsumsi air rebusan ketumbar.

1. Mengatasi gangguan pencernaan
Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan KetumbarHabertruk.com
Biji ketumbar memiliki sifat antioksidan dan serat makanan yang menstabilkan fungsi hati dan memfasilitasi pergerakan usus sehingga produksi enzim pencernaan dapat berjalan lancar. Dengan rutin mengonsumsi air ketumbar kamu dapat terhindar dari sindrom iritasi usus besar. Selain itu ketumbar juga bisa mengatasi masalah pencernaan lain seperti diare, perut kembung, sembelit, dan cacingan.

2. Dapat dijadikan obat untuk mengatasi batuk dan pilek
Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan KetumbarPexels/pixabay
Ketumbar memiliki banyak kandungan vitamin esensial seperti, asam folat, vitamin A, beta-karoten, dan yang paling penting adalah vitamin C. Kandungan vitamin C di dalam ketumbar dapat dijadikan antioksidan alami untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Hal ini lah yang membuat ketumbar dipercaya dapat mempercepat penyembuhan batuk dan pilek.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan KetumbarShutterstock.com
Biji ketumbar memiliki banyak kandungan nutrisi seperti, asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat (vitamin C) dan asam stearat yang sangat efektif untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol jahat dalam dalam darah dapat membantuk plak yang nantinya akan menghambat peredaran darah dan mengganggu fungsi jantung. Dengan rutin mengonsumsi air ketumbar dapat membantu menjaga kesehatan jantung.


4. Mencegah anemia
Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan KetumbarShutterstock.com
Anemia terjadi akibat defisiensi besi dan berdampak negatif pada efisiensi transportasi oksigen oleh darah. Biji ketumbar mengatasi defisit zat besi. Biji ketumbar mengandung banyak vitamin dan mineral penting, termasuk zat besi yang mencegah anemia

5. Mengatasi infeksi jamur dan bakteri
Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan Ketumbarswaggyingimages.com
Ternyata ketumbar juga memiliki manfaat untuk membantu mengatasi berbagai penyakit akibat jamur dan bakteri, termasuk konjungtivitis dan infeksi kulit akibat bakteri dan jamur. Kamu bisa memanfaatkan air rebusan ketumbar untuk mengatasi infeksi akibat jamur maupun bakteri.

6. Dapat dijadikan obat alami untuk diabetes
Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan Ketumbarm.economictimes.com
Biji ketumbar memiliki kandungan serat tinggi alami yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Meskipun begitu, sangat disarankan untuk penderita diabetes tetap memeriksakan kadar gula darahnya secara rutin untuk mengetahui efektivitas penggunaan ketumbar ini.

7. Mengatasi menstruasi tak teratur
Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan Ketumbarshutterstock.com
Jika kamu mengalami gangguan menstruasi yang tidak teratur, kamu bisa memanfaatkan biji ketumbar untuk mengatasinya. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan 6 gram biji ketumbar, 1 sendok teh gula, dan 1 liter air.

Rebus 6 gram biji ketumbar ke dalam setengah liter air. Tambahkan satu sendok teh gula saat air berkurang menjadi setengahnya. Minumlah campuran ini selagi masih hangat. Campuran ini harus dikonsumsi tiga kali sehari setiap hari.

Biji ketumbar mengandung stimulan alami yang merangsang kelenjar endokrin untuk mengeluarkan dan mempertahankan keseimbangan hormon yang tepat.

Sehingga memastikan rasa sakit akan berkurang dan siklus haid kamu lebih teratur.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi air rebusan biji ketumbar. Semoga bermanfaat ya.

No comments:

Post a Comment

Email : fellyginting95@gmail.com

Name

Email *

Message *